Penelitian
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR BERBASIS LITERASI STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KONSEPSI DAN KOGNISI STATISTIK MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM
XMLABSTRAK
Tujuan pembelajaran statistika dasar di perguruan tinggi seharusnya adalah untuk
menghasilkan mahasiswa yang terdidik secara statistik (statistically educated), yaitu yang
memiliki kemampuan mengembangkan literasi statistik. Sementara itu, konteks merupakan
unsur penting dalam memahami konsep statistika, sehingga sangat dianjurkan untuk
menggunakan konteks yang mudah dipahami oleh mahasiswa atau konteks yang dekat
dengan mahasiswa untuk mempermudah pemahaman terhadap konsep statistika. Penelitian
ini dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam mata kuliah Statistika Dasar atau
Pengantara Statitsika di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian desain (research design) dengan
merancang hypothetical learning trajectory dan teks materi pembelajaran yang sesuai.
Konsep literasi statistik ditekankan dalam teks materi dengan memunculkan komponenkomponen penalaran dan pemikiran statistik, sementara dalam proses pembelajaran
ditekankan melalui pendekatan membaca pemahaman, yang termasuk dalam komponen
kemampuan mempelajari statistik melalui berbagai sumber bacaan. Konteks dan nilai
keislaman ditekankan dalam teks materi dengan memberikan contoh-contoh permasalahan
yang terkait islam dan sejarah keislaman, sementara dalam proses pembelajaran dengan
diskusi dan memperhatikan sikap dan adab mahasiswa. 47 orang mahasiswa dari jurusan
Tadris Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab menjadi subyek penelitian. Aktifitas
pembelajaran yang dilakukan mahasiswa meliputi: 1) membaca dan berdiskusi, 2) membaca
dan mengumpulkan data, 3) membuat grafik dan mendeskripsikan distribusi data kualitatif,
dan 4) membuat grafik dan mendeskripsikan distribusi data kuantitatif. Hasil observasi
selama pembelajaran serta wawancara dengan beberapa subyek penelitian menunjukkan
mahasiswa umumnya terlibat aktif dalam setiap aktifitas yang diberikan. Mahasiswa juga
menyatakan bahwa teks materi pembelajaran yang diberikan mudah dipahami karena
konteks-konteks yang digunakan tidak asing dalam kehidupan mereka. Adapun hasil analisis
data skor kognisi statistik dan konsepsi statistik sebelum dan setelah pembelajaran
menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan terhadap kognisi statistik
mahasiswa, namun tidak terdapat peningkatan yang signifikan terhadap konsepsi statistik
mahasiswa. Pembahasan diarahkan untuk peningkatan pembelajaran statistika di PTKI dan
arah topik penelitian lanjutan yang dapat dilakukan.
Detail Information
Penulis |
Khairiani Idris - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 202811800308000 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | : Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |