NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “SEKOLAH SANG NABI” (Karya Abdillah Firmanzah Hasan)

Record Detail

Skripsi

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “SEKOLAH SANG NABI” (Karya Abdillah Firmanzah Hasan)

XML

Pendidikan Islam tidak hanya diperoleh secara formal di bangku sekolah,
akan tetapi pendidikan Islam tersebut bisa didapatkan dengan berbagai cara. Salah
satunya dengan membaca novel-novel bernuansa Islami yang mana pada novel
tersebut banyak terkandung nilai-nilai pendidikan Islam seperti halnya novel Sekolah
Sang Nabi karya Abdillah Firmanzah Hasan. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam
novel Sekolah Sang Nabi karya Abdillah Firmanzah Hasan? Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung dalam novel Sekolah Sang Nabi karya Abdillah Firmanzah Hasan.Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis isi (Content
Analysis). Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi. Hasil
penelitian menjelaskan bahwa: Dalam novel Sekolah Sang Nabi karya Abdillah
Firmanzah Hasan banyak mengandung nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya,
antara lain adalah nilai pendidikan tauhid, nilai pendidikan ukhwah, nilai pendidikan
dakwah, nilai pendidikan ibadah dan nilai pendidikan aqidah. Abdillah Firmanzah
Hasan menuangkan nilai pendidikan tauhid dengan memberikan informasi kepada
umat Islam agar selalu senantiasa meningkatkan ketauhidanya kepada Allah Swt.
melalui penokohan Hilman agar apapun yang akan dihadapi oleh umat Islam dapat
menjaga keimanannya tersebut. Nilai-nilai pendidikan ukhwah dibangun agar
manusia untuk hidup saling tolong menolong, menumbuhkan perasaan kasih sayang,
persaudaraan, kemuliaan dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah.Nilainilai
pendidikan dakwah dijumpai melalui pesan yang disampaikan oleh satu tokoh
kepada tokoh lain baik dari pengalaman pribadi maupun berupa nasihat dalam bentuk
pidato. Sedangkan nilai pendidikan ibadah dipaparkan melalui tokoh Hilman yang
mengabdi sebagai guru dengan gaji pas-pasan dan penerapan ilmu yang dimilikinya
untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Begitu juga dengan nilai pendidikan
aqidah, dituangkan melalui penokohan Hilman yang merupakan tokoh utama dalam
novel tersebut dan tokoh isteri Tuan Brunai yang merupakan seorang mantan pelacur
yang berjuang membantu anak-anak yatim dan bertaubat kembali kepada jalan Allah.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pembaca novel, hendaknya tidak
hanya sekedar menikmati novel sebagai sarana hiburan atau kesenangan saja, namun
pelajarilah nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung di dalamnya dan
dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Novel Sekolah Sang Nabi


Detail Information

Penulis
MUAMMAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107505
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail