PENINGKATAN HASIL BELAJAR VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Pengetahuan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika materi volume
kubus dan balok masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran
matematika, salah satu faktor disebabkan oleh guru pada saat pembelajaran
berlangsung masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pelaksanaan
model pembelajaran konvensional yaitu guru menerangkan di depan kelas, siswa
mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan latihan soal dan guru memberikan tugas
rumah. Dengan demikian siswa dalam kegiatan belajar mengajar hanya menjadi objek
yang pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut
adalah pembelajaran dengan menggunakan metode INQUIRY. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok
melalui metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Sakti
Kota Lhokseumawe yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).
Sumber data adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Sakti Kota Lhokseumawe
sebanyak 30 orang siswa. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini jika
ketuntasan klasikal mencapai 80% siswa yang tuntas dan kegiatan dari sisi guru
maupun siswa berdasarkan hasil observasi berada pada kategori “baik”. Secara
keseluruhan hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran INQUIRY menunjukkan
bahwa kemampuan penguasaan matematika siswa mengalami perubahan yaitu pada
akhir tes akhir siklus II jumlah presentasi ketuntasan adalah sebesar 86,67% hasil ini
lebih besar dari presentasi yang diperoleh pada tes akhir siklus I yaitu 63,33% dan
presentasi siklus II tersebut lebih besar dari standar ketuntasan yang ditetapkan.
Begitu pula dengan hasil observasi siklus II terhadap kegiatan peneliti rata-rata
88.75%, sedangkan terhadap kegiatan siswa rata-rata 83.3%, hasil ini lebih besar dari
presentasi yang diperoleh pada tes akhir siklus I terhadap kegiatan peneliti yang rataratanya
hanya mencapai 78,75% dan terhadap kegiatan siswa rata-rata hanya
mencapai 70% dan presentasi siklus II yang diperoleh lebih besar besar dari standar
ketuntasan yang ditetapkan yaitu ≥ 80%, karena presentasi yang diperoleh lebih besar
daripada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan
tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga dengan menerapkan
pembelajaran INQUIRY dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada
materi volume kubus dan balok di SD Negeri 12 Banda Sakti Kota Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
FITRIA YASOPHA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208754
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail