PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DI MAS JABAL NUR KEC. DEWANTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DI MAS JABAL NUR KEC. DEWANTARA

XML

Kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Jabal
Nur Kec. Dewantara khususnya kelas XI masih tergolong rendah. Hal ini
dikarenakan siswa masih kurang mampu dan kesulitan dalam memahami dan
menerapkan makharijul huruf dengan fasih dan benar ketika membaca al-Qur’an
sehingga siswa tidak mampu membacanya dengan baik dan benar. Penyebab
rendahnya hasil belajar al-Qur’an siswa adalah guru yang masih menggunakan
model pembelajaran yang kurang efektif sehingga menumbulkan kejenuhan,
kurangnya perhatian siswa dan mengurangi minat belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran al-Qur’an. Untuk itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar al-Qur’an siswa salah satunya melalui belajar dengan
menggunakan media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar AlQur’an
di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Jabal Nur Kec. Dewantara. Dalam
penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh di uji
secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI1 dan XI3
MAS Jabal Nur Kec. Dewantara, sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan
dengan purposive sampling (pertimbangan tertentu), sehingga yang menjadi
sampel adalah kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI3 sebagai kelas
kontrol. Sebelum uji t digunakan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan
normalitas dengan taraf signifikan 5%. Tujuan dilakukan uji homogenitas adalah
untuk mengetahui apakah kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak.
Berdasarkan hasil pre-test diperoleh jumlah nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu
̅ : 57,5 dan jumlah nilai rata-rata kelas kontrol yaitu ̅ : 57, kemudian hasil uji
homogenitas data pre-test diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,39 < 2,66 dan hasil postest
diperoleh jumlah nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu ̅ : 82,70 dan jumlah
nilai rata-rata kelas kontrol yaitu ̅ : 72,2, kemudian hasil uji homogenitas data
post-test diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,47 < 1,98 sehingga dapat disimpulkan
bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama. Hasil uji
normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1054 < 0,1730 dan untuk
kelas kontrol diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1673 < 0,1730 maka dapat disimpulkan
bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Karena data tersebut homogen dan
berdistribusi normal maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-t. Hasil penelitian diperoleh 


>
 yaitu 3,33 > 1,67 maka tolak Ho
dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada Pengaruh Penggunaan
Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar al-Qur’an di MAS Jabal Nur Kec.
Dewantara”


Detail Information

Penulis
HIDAYATUL FITRI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107513
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail