PENERAPAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN SAMUDERA

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN SAMUDERA

XML

Teori Bruner merupakan suatu teori belajar yang menerapkan langkah-langkah pada
proses pembelajaran dengan melalui tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik.
Penerapan Teori Bruner dalam pembelajaran matematika dimulai dengan penggunaan
benda konkrit, dilanjutkan dengan proses membuat benda semi konkrit, dan selanjutnya
ke abstrak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bahwa penerapan teori
belajar Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun
ruang di SMP N 12 Lhokseumawe Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen dan data yang diperoleh diuji dengan metode
statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 12
Lhokseumawe. Sementara sampelnya adalah 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol)
yang dipilih secara acak atau dikenal dengan random sampling class. Jadi sampel yang
dipilih dalam penelitian ini Kelas IX3 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX1
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data diperoleh Fhitung < Ftabel
yaitu 1,17 < 2,15. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel homogen dan normal.
Pengujian normalitas data tes akhir kelas eksperimen dari tabel liliefors diperoleh Ltabel <
Lo yaitu 0,155 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa daa berdistribusi normal.
Selanjutnya pengujian normalitas data tes akhir kelas kontrol dari tabel liliefors diperoleh
Ltabel < Lo yaitu 0,0997 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa data tes akhir kelas
kontrol berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil
perhitungan diperoleh hipotesis harga untuk thitung = 2,31 dan ttabel = 1,64. Setelah
pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 (dk) = 38, diperoleh data thitung > ttabel
yaitu 2,31 > 1,64 maka ditolak Ho dan diterima Ha
. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “
Penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada
materi bangun ruang di SMP N 12 Lhokseumawe”


Detail Information

Penulis
ZULFIKAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207596
Edition
Language
English
Publisher : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail