PENGARUH SOSIALISASI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Aceh Syariah cabang Lhokseumawe)

Record Detail

Skripsi

PENGARUH SOSIALISASI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Aceh Syariah cabang Lhokseumawe)

XML

Banyak masyarakat yang mengenal perbankan syariah dari kulitnya, dengan anggapan bank Syariah sama dengan bank Konvensional, orang awam
berpandangan bahwa menabung di Bank Syariah tidak jauh berbeda atau sama
saja dengan menabung di Bank Konvensional. Anggapan ini lebih disebabkan
oleh minimnya sosialisasi perbankan syariah di lingkungan masyarakat. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk sosialisasi perbankan
syariah yang dilakukan dan bagaimana pengaruh sosialisasi perbankan
syariahterhadap minat menabung nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui sosialisasi perbankan syariah yang dilakukan dan untuk mengetahui
pengaruh sosialisasi perbankan syariahterhadap minat menabung nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer
diperoleh secara langsung dilapangan dengan wawancara dan kuesioner. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Aceh Syariah cabang
Lhokseumawe berjumlah 17.366 orang, adapun penentuan sampel menggunakan
teknik purposive sampling dengan jumlah 100 orang. Metode analisis data
menggunakan teknik deskripsi kuantitatif, data sosialisasi di analisis langsung
oleh penulis sedangkan data pengaruh sosialisasi menggunakan model regresi
linear sederhana, untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sosialisasi yang dilakukan PT. Bank Aceh Syariah sebagai
bentuk informasi kepada masyarakat dalam memperkenalkan produk syariah.
Sosialisasi dilakukan melalu media cetak, media elektronik, mamanfaatkan media
ruang publik seperti baliho, spanduk, brosur, leaflet dan catalog. Sosialisasi juga
dilakukan di lembaga pendidikan maupun dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat
sosial. Kendala yang dihadapi yaitu terbatasnya pakar dan SDM ekonomi syariah
dan terbatasnya dana sosialisasi. Sosialisasi perbankan syariah mempengaruhi
minat menabung nasabah PT. Bank Aceh Syariah dengan hasil thitung> ttabel
(2,314>1,661). Variabel sosialisasi menjelaskan hubungan signifikansinya sebesar
45,1% variasi minat menabung nasabah sedangkan 54,9% dapat dipengaruhi oleh
kualitas pelayanan dan pemasaran.


Detail Information

Penulis
AYU ASRITA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 121206281
Edition
Language
English
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
EKONOMI SYARIAH

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail