PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN EXAMPLE AND NON EXAMPLE DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN EXAMPLE AND NON EXAMPLE DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Sains (IPTEKS) akan maju
seiring dengan perkembangan daya pikir manusia. Untuk kemajuan IPTEKS
dibutuhkan manusia yang mempunyai kemampuan memperoleh, memilih dan
mengelola informasi, kemampuan untuk dapat berpikir secara kritis, sistematis,
logis, kreatif, dan kemampuan untuk dapat bekerja sama secara efektif, Selain itu
peran matematika memberikan kontribusi dalam aspek-aspek kehidupan manusia
itu sendiri. Mulai dari cara berpikir sampai pada aktivitas sehari-hari, semua tidak
terlepas dari matematika. Tujuan dalam penelitian ini dalah untuk
mendeskripsikan penerapan dengan menggunakan pendekatan example and non
example untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian dan pembagian
pecahan kelas VA SD Negeri 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Dengan
pendekatan ini, siswa dihadapkan dengan mengaitkan konten mata pelajaran
dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa untuk membuat hubungan antara
pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan siswa. Pada penelitian ini data
bersumber dari siswa kelas VA SD Negeri 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe,
guru bidang studi dan tim pengamat. Metode pengumpulan data yaitu: observasi,
tes, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Pada Tindakan I (siklus I)
belum berhasil karena 45% siswa memperoleh nilai > KKM sehingga perlu
dilakukannya Tindakan II (siklus II ). Pada siklus II siswa mengalami peningkatan
dengan tingkat kelulusan mencapai 85 % > KKM sehingga tidak perlu melakukan
siklus ketiga. Hasil penelitian yang didapat antara lain : siswa merasa lebih
antusias dan senang jika dilibatkan secara aktif dalam membangun pengetahuan
mereka sendiri, siswa merasa senang karena dapat bekerja sama dalam kelompok.
Dan pendekatan example and non example dapat digunakan pada materi perkalian
dan pembagian pecahan di kelas VA SD Negeri 20 Banda Sakti Kota
Lhokseumawe. Maka dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada
peningkatan dari kinerja siswa maupun guru dalam kegiatan belajar dengan
menggunakan pendekatan example and non example ini.


Detail Information

Penulis
ZAINABON - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208776
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail