PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS RUHUL ISLAM TANAH LUAS

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS RUHUL ISLAM TANAH LUAS

XML

Dewasa ini siswa pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami dan
menyelesaikan masalah matematika yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar
matematika siswa. Hal tersebut terjadi karena adanya berbagai pandangan negatif
dari siswa berkenaan dengan pelajaran matematika yang dimunculkan dari guru
baik secara langsung maupun tidak langsung, disadari atau tidak disadari. Salah
satunya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Sebagian
besar guru menggunakan pendekatan konvensional dalam proses pembelajaran
matematika sehingga peserta didik merasa jenuh, kurang aktif dan kurang
bersemangat. Untuk itu dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta menciptakan suasana belajar yang menarik,
sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar. Salah satunya yaitu melalui
penggunaan model pembelajaran tutor sebaya”.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII MTsS Ruhul Islam Tanah Luas. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa tes. Tes
yang peneliti berikan terdiri dari pretes dan postes dengan soal essay. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsS Ruhul Islam Tanah Luas,
sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan dengan random sampling class
(acak kelas), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,04 < 1,98 sehingga dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama.
Hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1078 < 0,1730
dan untuk kelas kontrol diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1346 < 0,1730 maka dapat
disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Untuk pengujian
hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh > yaitu 2,3538
>1,6788. maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada
pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa
MTsS Ruhul Islam Tanah Luas pada pokok bahasan lingkaran”.


Detail Information

Penulis
YUNITA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122206746
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail