PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 DEWANTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 DEWANTARA

XML

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya disebabkan
oleh model pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa mengalami kesulitan
dalam memahami dan mengembangkan ide-ide atau gagasan yang dimilikinya.
Berdasarkan soal yang diuji kepada siswa menunjukkan bahwa siswa kurang
memahami soal dan kesulitan untuk menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model Missouri Matematics Project terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi aljabar di SMP
Negeri 1 Dewantara.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana
data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data
dilakukan tes yang bertujuan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara pada materi operesi aljabar. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara,
sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling class, yaitu
pengambilan sampel sedemikian sehingga setiap unsur mempunyai kesempatan
yang sama untuk dijadikan sampel atau dapat dipilih sebagai objek penelitian.
Sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII/2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII/3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh
bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Kelas eksperimen dilakukan dengan menerapkan
model pembelajaran Missouri Matematics Project dan pada kelas kontrol
dilakukan dengan menerapkan metode konvensional. Hasil penelitian diperoleh
thitung = 1.792 sedangkan ttabel =1.679 dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 1.792 >
1.679 dengan α = 5% yang berarti tolak Ho, yang membuktikan bahwa “Ada
Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Operasi Aljabar di SMP
Negeri 1 Dewantara”


Detail Information

Penulis
DHINI SEPTIA ZUABA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207575
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail