PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Ada t
idaknya pengaruh model
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan (PAIKEM)
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
VII SMP Negeri 13
Lhoseumawe pada materi bilangan pecahan”. Rendahnya
kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam memahami materi pecahan diseb
abkan oleh penerapan
pembelajaran yang kurang tepat. Banyak siswa yang m
enganggap matematika
sebagai pelajaran yang sukar dan kurang menarik. Se
hingga siswa mengalami
kesulitan dalam mempelajarinya, tidak bersemangat d
an bosan ketika
berlangsungnya proses pembelajaran, sehingga dibutu
hkan suatu model
pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara akt
if, serta pembelajaran yang
kreatif, efektif dan menyenangkan yang dapat memban
gkitkan minat belajar siswa
yaitu model pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,
Efektif dan Menyenangkan
(PAIKEM). Dalam penelitian ini, peneliti menggunaka
n pendekatan kuantitatif
dimana data yang terkumpul dalam bentuk angka-angka
yang akan diuji dengan
metode statistik. Populasi dalam penelitian ini ada
lah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 13 Lhokseumawe yang terdiri dari 7 kelas
, sedangkan yang menjadi
sampel adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VII-2 sebagai kelas
kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan uji
normalitas data, hasil tes dari
kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel h
omogen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan
uji-t
pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembe
lajaran PAIKEM dan
pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan hasil
penelitian, pengujian hipotesis yang dilakukan pada
taraf signifikan 0,05 dan (dk)
=
(

+ 

− 2)
= (23 + 23 – 2) = 44. Hasil penelitian maka dipero
leh nilai

= 3,442 serta

=
t
(0,05)(44)
= 1,684 menunjukkan bahwa

>

yaitu 3,442 > 1,684 maka berarti terima H
a
tolak H
o
. sehingga hipotesis
yang dirumuskan ini menyatakan “Ada Pengaruh Model
Pembelajaran Aktif,
Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKE
M) Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa kelas VII SMP Negeri 13
Lhokseumawe pada
materi pecahan”.


Detail Information

Penulis
NURUL HILAL - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207617
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail