PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP N 12 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP N 12 LHOKSEUMAWE

XML

Teori Bruner merupakan suatu teori belajar yang men
erapkan langkah-langkah pada
proses pembelajaran dengan melalui tiga tahap, yai
tu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik.
Penerapan Teori Bruner dalam pembelajaran matematik
a dimulai dengan penggunaan
benda konkrit, dilanjutkan dengan proses membuat be
nda semi konkrit, dan selanjutnya
ke abstrak. Adapun tujuan penelitian ini adalah unt
uk Mengetahui bahwa penerapan teori
belajar Bruner dapat meningkatkan hasil belajar mat
ematika siswa pada materi bangun
ruang di SMP N 12 Lhokseumawe Dalam penelitian ini
digunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen dan data yang
diperoleh diuji dengan metode
statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah sel
uruh siswa kelas IX SMPN 12
Lhokseumawe. Sementara sampelnya adalah 2 kelas (ke
las eksperimen dan kelas kontrol)
yang dipilih secara acak atau dikenal dengan
random sampling class
. Jadi sampel yang
dipilih dalam penelitian ini Kelas IX
3
dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX
1
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji prasya
rat analisis data diperoleh F
hitung
< F
tabel
yaitu 1,17 < 2,15. Maka dapat disimpulkan bahwa ke
dua sampel homogen dan normal.
Pengujian normalitas data tes akhir kelas eksperime
n dari tabel
liliefors
diperoleh L
tabel
<
L
o
yaitu 0,155 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa d
aa berdistribusi normal.
Selanjutnya pengujian normalitas data tes akhir kel
as kontrol dari tabel
liliefors
diperoleh
L
tabel
< L
o
yaitu 0,0997 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa
data tes akhir kelas
kontrol berdistribusi normal. Untuk pengujian hipot
esis digunakan uji-t. Dari hasil
perhitungan diperoleh hipotesis harga untuk t
hitung
= 2,31 dan t
tabel
= 1,64. Setelah
pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05
(dk) = 38, diperoleh data t
hitung
> t
tabel
yaitu 2,31 > 1,64 maka ditolak H
o
dan diterima H
a
. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “
Penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan h
asil belajar matematika siswa pada
materi bangun ruang di SMP N 12 Lhokseumawe”


Detail Information

Penulis
AL MACHFUZUL KIRAM - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207568
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail