PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANAH PASIR

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANAH PASIR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pe
ngaruh kemampuan
komunikasi matematis siswa melalui model pembelajar
an
Quantum Learning
siswa SMP Negeri 1 Tanah Pasir. Rendahnya komunikas
i matematis disebabkan
siswa kurang diberi kesempatan untuk mengungkapkan
idenya dan menjelaskan
secara lisan atau tertulis mengapa mereka memperole
h jawaban tersebut, siswa
tersebut belajar seolah-olah dengan tekanan tanpa m
emiliki kesempatan untuk
menganalisis, menjelaskan, mengembangkan atau menye
leksi ide mereka,
sehingga pembelajaran yang dicapai tidak sesuai den
gan yang diharapkan dalam
mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Salah satu alternatif
untuk membuat pembelajaran menyenangkan dan komunik
asi matematis siswa
lebih meningkat dengan menggunakan model pembelajar
an
Quantum Lerning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
dimana data yang terkumpul
dalam bentuk angka-angka yang akan diuji dalam meto
de statistik. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Tanah Pasir
yang terdiri dari dua belas kelas. Dengan menggunak
an teknik
random
sampling
class
diperoleh dua kelas sampel yaitu IX
1
sebagai kelas eksperimen dan IX
5
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homoge
nitas dan normalitas data hasil
tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua
sampel homogen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t
pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembe
lajaran
Quantum
Learning
dan pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunaka
n metode
Konvensional. Berdasarkan hasil hasil uji homogenit
as diperoleh nilai F
hitung
<
tabel
yaitu 1,16 < 2,12 sementara hasil uji normalitas d
i kelas eksperimen diperoleh L
0
< L, yaitu 0,1466 < 0,1866 dan di kelas kontrol dip
eroleh L
0
< L, yaitu 0,1279 <
0,1866 berdasarkan hasil tes kedua kelas tersebut
diperoleh bahwa kedua sampel
homongen dan normal, sehingga untuk pengujian hipot
esis digunakanUji-t pihak
kanan. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunaka
n model pembelajaran
Quantum Learning
dan pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunaka
n model
Kovensional. Hasil penelitian diperoleh t
hitung
= 2,132 sedangkan nilai t
tabel
=1,684
dengan demikian t
hitung
> t
tabel
, yaitu 2,132 > 1,684 dengan α=0,05 yang berarti
tolak H
0
, yang membuktikan bahwa “Ada pengaruh kemampuan ko
munikasi
matematis siswa melalui model pembelajaran
Quantum Learning
siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Tanah Pasir”.


Detail Information

Penulis
FATMAWI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207563
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail