!" maka tolak H o dan terima H a . Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan metode discovery learning pada materi jajargenjang dan belah ketupat di SMP negeri 1 Syamtalira Bayu lebih baik dari pada metode konvens ional. Pada penelitian ini, tiga indikator pemahaman konsep yang telah tercapai dengan baik adalah menyatakan ulang sebuah konsep, mengklaifikasikan o bjek-objek menurut sifat- sifat tertentu, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. sedangkan satu indikator kurang t ercapai yaitu mengaplikasikan konsep atau alogaritma pemecahan masalah." /> PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU   !" maka tolak H o dan terima H a . Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan metode discovery learning pada materi jajargenjang dan belah ketupat di SMP negeri 1 Syamtalira Bayu lebih baik dari pada metode konvens ional. Pada penelitian ini, tiga indikator pemahaman konsep yang telah tercapai dengan baik adalah menyatakan ulang sebuah konsep, mengklaifikasikan o bjek-objek menurut sifat- sifat tertentu, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. sedangkan satu indikator kurang t ercapai yaitu mengaplikasikan konsep atau alogaritma pemecahan masalah." />

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU

XML

Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan at
au kemahiran
matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam bel
ajar matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep mat
ematis siswa dengan
menerapkan metode Discovery Learning pada pokok bah
asan bangun datar
jajargenjang dan belah ketupat di SMP Negeri 1 Syam
talira Bayu. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 1 Syamtalira
Bayu yang menjadi sampel
adalah kelas VII.2 dan VII.4. Berdasarkan uji homog
enitas F
hitung
<
F
tabel
yaitu
1,11
<
2,12 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data ho
mogen. Pengujian
normalitas dari tabel
Chi-kuadrat
Pada taraf signifikan
 = 0,05
diperoleh data
post-test kelas ekperimen adalah


= 6,39
dan data pos-tes kelas kontrol
diperoleh


= 5,32 dengan derajat kebebasan



= 4
maka dari tabel
distribusi chi – kuadrat diperoleh


,


= 9,48
. Dengan kriteria pengujian
terima H
0
jika

hitung
< 
tabel
, Dari kedua kelas tersebut dapat disimpulkan
bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya
, pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitung
an diperoleh


=
5,160
9, pada taraf signifikan
 = 0,05
dan dk = 20 didapat

 !"
= 2,08,
jadi


> 
 !"
maka tolak H
o
dan terima H
a
. Maka dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan
menerapkan metode
discovery learning
pada materi jajargenjang dan belah ketupat di SMP
negeri 1
Syamtalira Bayu lebih baik dari pada metode konvens
ional. Pada penelitian ini,
tiga indikator pemahaman konsep yang telah tercapai
dengan baik adalah
menyatakan ulang sebuah konsep, mengklaifikasikan o
bjek-objek menurut sifat-
sifat tertentu, menggunakan dan memanfaatkan serta
memilih prosedur atau
operasi tertentu. sedangkan satu indikator kurang t
ercapai yaitu mengaplikasikan
konsep atau alogaritma pemecahan masalah.


Detail Information

Penulis
CHAIRUL ANISA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122206691
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail