PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI MIN 24 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI MIN 24 ACEH UTARA

XML

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah, masih
terpaku pada model konvensional yang lebih menekankan pada ceramah yang
monolog dan doktrinatif. Praktek-praktek di atas menjadikan pembelajaran yang
berlangsung seperti kurang bermakna, kurang mendidik dan tidak menjadikan
siswa/siswi aktif, kreatif dan inovatif sesuai dengan harapan, solusi hal ini antara
lain, perlunya alternatif dan strategi baru seperti pembelajaran dengan metode
pembelajaran Role Playing diterapkan. Dengan demikian, peserta didik dibiarkan
melakukan perambahan intelektual sendiri, sehingga menemukan dalam dirinya
kedewasaan dalam memahami ilmu bernegara, adapun rumusan masalahnya
adakah pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn siswa kelas V di MIN 24 Aceh Utara?, tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode role playing terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas V di MIN 24 Aceh Utara.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif pendekatan eksperimen,
adapun populasinya adalah seluruh siswa Kelas V, sedangkan sampelnya 2 kelas,
yaitu V-A sebagai kelas kontrol dan V-B sebagai kelas eksperimen, Data
dikumpulkan melalui tes. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji statistik,
berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya menunjukkan bahwa nilai
rata-rata untuk kelas eksperimen
x1  90,75
dan
s1  6,47 , sedangkan untuk
kelas kontrol
x2  75,91
dan
s2 
12,08, dan
hitung tabel
2 2
  
yaitu 1,32 < 7,81
bahwa data berdistribusi normal, dan dengan hipotesis diperoleh harga
t
hitung  5,37
dan
t
tabel  2.014
. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan
  0,05
dan (dk) = 45, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0.
karena thitung > ttabel yaitu 5,37 > 2.01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn yang menggunakan metode
pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada siswa tanpa menggunakan
metode pembelajaran role playing. Hal ini juga dikarenakan metode pembelajaran
role playing dapat meningkatkan minat dan semangat belajar siswa sehingga
memudahkan siswa menguasai materi yang dipelajari dan tidak mudah terlupakan.


Detail Information

Penulis
RAHMAYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609059
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.3 Rah p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail