PERAN POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV MIN 26 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PERAN POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV MIN 26 ACEH UTARA

XML

Kurangnya minat baca siswa di pojok baca kelas disebabkan oleh berbagai faktor,
mulai dari tingkat kenyamanan membaca, tidak menarik, membosankan dan
beragam alasan lainnya. Oleh karena itu pojok baca kelas kiranya perlu membuat
terobosan baru dalam membangun minat baca siswa untuk membaca dipojok
baca. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan perkembangan
minat baca siswa kelas IV MIN 26 Aceh Utara, peran pojok baca kelas IV MIN
26 Aceh Utara, dan untuk menemukan kendala yang dihadapi sekolah dalam
meningkatkan minat baca siswa kelas IV MIN 26 Aceh Utara. Metode penelitian
dalam penelitiannya adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan
field research (studi lapangan), teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian dalam penelitian ini adalah 2 guru kelas IV dan 10 orang siswa dari
masing-masing kelas yang membaca dipojok baca diambil secara random selama
dua hari penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang
didapatkan adalah: pertama, perkembangan minat baca siswa siswa kelas IV MIN
26 Aceh Utara sudah ada terlihat dari antusias siswa jika terdapat buku bacaan
baru, saat ada tugas menarik dan saat kegiatan berhadiah. Kedua,peran pojok baca
kelas IV MIN 26 Aceh Utara untuk mempermudah siswa dalam mencari bahan
bacaan dan memperpendek jarak siswa dengan buku. Ketiga, kendala pojok baca
kelas dalam meningkatkan minat baca siswa adalah kurangnya fasilitas pojok
baca, kurangnya bahan bacaan yang menarik dan kurangnya perhatian siswa
terhadap buku. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah minat baca
siswa sudah lebih baik setalah pojok baca diterapkan, pojok baca berperan
membentuk lingkungan baca yang baik, lingkungan membaca yang baik akan
membentuk minat baca yang baik pada siswa.


Detail Information

Penulis
KHAIRUL FADHLA ISNA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162709722
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
028.9 Kha p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail