ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 1 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 1 LHOKSEUMAWE

XML

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian dari kemampuan dalam
pembelajaran matematika yang belum dikembangkan secara optimal pada siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan tantang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau
Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3
sebanyak 24 siswa. 6 siswa diantaranya dipilih sebagai subjek wawancara, yaitu dua siswa untuk
setiap jenis gaya belajar. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari hasil soal tes dan
wawancara semi terstruktur. Sedangkan gaya belajar diperoleh dari hasil angket. Teknik analisis
data meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil penelitian, dari 24 siswa kelas VIII-3 diperoleh bahwa 10 siswa yang memiliki gaya belajar
visual, 9 siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 4 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik,
sementara 1 siswa memiliki ketiga gaya belajar. Subjek dengan gaya belajar visual mampu
mengetahui apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah dan mampu menjelaskan masalah,
mampu membuat rencana penyelesaian dengan baik, mampu melaksanakan semua strategi selama
proses dan perhitungan yang berlangsung, dan mampu melihat kembali dengan mengecek semua
informasi yang telah teridentifikasi. Subjek dengan gaya belajar auditorial mampu mengetahui apa
saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah, membuat perencanaan dengan benar, subjek
mampu melaksanakan semua strategi selama proses dan perhitungan yang berlangsung. Pada tahap
melihat kembali, Subjek pada saat wawancara tidak mampu melaksanakan tahap melihat kembali
atau mengecek informasi yang telah teridentifikasi. Subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu
mengetahui apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah dan mampu menjelaskannya.
mampu merencanakan penyelesaian dengan baik, mampu melaksanakan semua strategi selama
perhitungan berlangsung dan mendapatkan hasil akhir yang tepat, dan mampu melihat kembali
dengan mengecek Kembali.


Detail Information

Penulis
Rahmatika - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017220041
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Rah a

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail