SISTEM KONTROL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MTs MISBAHUL ULUM KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Thesis

SISTEM KONTROL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MTs MISBAHUL ULUM KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat
dan bangsa. Sistem kontrol adalah upaya untuk mengendalikan, membina dan
meluruskan sesuatu dalam kegiatan organisasi sebagai upaya pengendalian mutu,
dengan demikian jelaslah controlling mencakup kelanjutan tugas untuk melihat
apakah kegiatan-kegiatan dilaksanakan sesuai rencana. Kemampuan profesional
guru amat penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, titik berat
perundang-undangan pendidikan diletakkan pada mutu pada setiap jenjang dan
jenis pendidikan, tetapi hal ini tidak mungkin tercapai apabila tidak disertai usaha
dari guru itu sendiri untuk senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya
dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar, terutama dalam pembelajaran
akidah akhlak. Pembelajaran akidah akhlak yang professional sangat urgen untuk
menghindari diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan, manusia diberi
kelebihan oleh Allah dari makhluk lainnya berupa akal pikiran, sementara
pendapat-pendapat atau pikiran-pikiran yang semata-mata didasarkan atas akal
manusia, kadang-kadang menyesatkan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, akal
pikiran perlu dibimbing melalui pembelajaran akidah akhlak yang lebih baik agar
manusia terbebas atau terhindar dari kehidupan yang sesat. Penelitian ini
bertujuan untuk memaparkan sistem kontrol kepala madrasah terhadap
keterampilan konsep dan teori akidah akhlak, menjelaskan pemberian keteladanan
guru akidah akhlak terhadap siswa, mendeskripsikan penyesuaian akidah akhlak
dengan perkembangan pembelajaran dan menggambarkan kode etik guru akidah
akhlak pada MTs Misbahul Ulum Kota Lhokseumawe. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari sistem kontrol
kepala madrasah terhadap profesionalisme pembelajaran akidah akhlak meliputi;
1) Kepala madrasah dan guru akidah akhlak terampil dalam memahami konsep
dan teori akidah akhlak, hal ini dibuktikan dengan pemahaman kepala madrasah
serta guru akidah akhlak mengenai makna, ruang lingkup dan tujuan akidah
akhlak dengan baik; 2) Guru akidah akhlak sudah melakukan perkembangan
pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan penyesuaian materi pelajaran akidah
akhlak dengan kurikulum 2013 dan penyesuaian materi dengan metode serta
media yang dapat memudahkah pemahaman siswa; 3) Sikap dan perilaku guru
akidah akhlak pada madrasah tersebut bisa menjadikan teladan bagi siswa; 4)
Guru akidah akhlak pada madrasah tersebut menjaga dan menjunjung tinggi kode
etik guru.


Detail Information

Penulis
Muhammad Ikhwan - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154300169
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.2 Muh s

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail