PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Media pembelajaran merupakan alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang
sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami
materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran,
penggunaan multimedia diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi siswa.
Perkembangan tersebut juga berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia
yang mulai beralih dari pembelajaran konvensional berubah menjadi
pembelajaran berbasis multimedia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adakah pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 4 Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian
eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan metode
kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan pretestposttest control design. Analisis data menggunakan uji prasyarat untuk mengetahui kenormalan dan
homogenitas dari data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV MIN 4 Kota Lhokseumawe sebanyak 3 kelas. Penarikan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling class, adapun yang
menjadi kelas kontrol yaitu kelas IV B berjumlah 18 siswa dan kelas eksperimen
yaitu kelas IV C berjumlah 20 siswa, sampel penelitian ini adalah kelas IV B
sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 18 orang dan kelas IV C sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Pengujian hipotesis yaitu
dengan menggunakan uji t untuk menjawab hipotesis yang diajukan. Sedangkan
dari perhitunggan data diperoleh nilai untuk kelas eksperimen rata-rata x1 = 77,5
dan varian S2 = 251,31 sedangkan kelas kontrol x2 = 67,2 dan varian S2 =
197,71. Hasil yang didapatkan setelah pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t
tabel yaitu 2,31 > 2,05 pada derajat kebebasan (dk) = 36 dengan taraf signifikan
sebesar 5% . Maka hasilnya yaitu terima Ha. Berdasarkan hasil uji hipotesis
dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media
pembelajaran berbasis multimedia terhadap terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas IV MIN 4 Kota Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
RISKA ANANDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162709714
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.1 Ris p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail