PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP N 13 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP N 13 LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini
tujuan
untuk mengetahui
kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa pada materi Irisan dan Gabungan kelas VII SMP Negeri 13
lhokseumawe dengan pene
rapan metode
Guided Note Taking
lebih baik dari pada
pembelajaran ekspositori. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa SMP adalah salah satu masalah utama dalam pendidikan. Rendahnya
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
disebabkan
pembe
lajaran yang
sekarang ini masih berpusat pada guru, siswa tidak diberi kesempatan untuk
menyampaikan ide
-
ide yang dimilikinya. Sehingga siswa tidak bisa
mengembangkan pemahaman konsep matematisnya. Oleh karena itu dibutuhkan
suatu metode yang dapat membuat
siswa aktif dan kreatif dalam mengeluarkan
ide
-
idenya serta dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yaitu melalui metode
Guided Note Taking
(GNT).
Penelitian ini
menggunakan
jenis Eksperimen dan
pendekatan kuantitatif dimana data yang
diperoleh berupa tes diuji secara statistik. Tes tersebut bertujuan untuk mel
ihat
pemahaman konsep matematis
siswa dengan menerapkan
metode
pembelajaran
G
N
T (
Guided Note Taking
) kelas VII SMP
Negeri 13 Lhokseumawe
.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
dan sampel adalah VII
1
dan
VII
2
. B
erdasarkan uji homogenitas dan normalitas data, diperoleh bahwa kedua
sampel homogen dan normal. Hal ini diperoleh dari
hasil pengolahan data
dan
pengujian hipo
tesis yang telah dilakukan
dengan
menggunakan uji
-
t pada
taraf
signifikan 5% atau α = 0,05
dan harga untuk
=
3
,
28
dan harga
=
1
,
6827
. Berdasarkan kriteria pembuktian hipotesis diperoleh nilai
>
yaitu
3
,
28
>
1
,
6827
, yang berarti
tolak
dan terima H
a
, sehingga hipotesis
yang dirumuskan ini menyatakan “
kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa pada materi Irisan dan Gabungan kelas VII SMP Negeri 13 Lhokseumawe
dengan penerapan metode
Guided Note Taking
le
bih baik dari pada pembelajaran
ekspositori”


Detail Information

Penulis
MULYATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207614
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail