EFEKTIVITAS STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII-1 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTsN LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

EFEKTIVITAS STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII-1 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTsN LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dalam
pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Learning start With A
Question terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar matematika
pada siswa kelas VII-1 MTsN Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata
pelajaran matematika kelas VII-1 MTsN Lhokseumawe dengan peneliti. Tindakan
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan
dengan alokasi waktu 3 x 40 Menit di setiap satu pertemuan. Instrumen penelitian
terdiri dari soal pra-tindakan, hand out, lembar observasi, wawancara, soal
tindakan I dan soal tindakan II serta soal akhir siklus. Aspek kemampuan berpikir
kreatif yang diamati yaitu aspek kognitif dan afektif. Aspek kognitif digunakan
untuk pedoman tes akhir siklus sedangkan aspek afektif digunakan untuk
pedoman lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangatlah
efektif strategi Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan
strategi Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir
kreatif, efektivitas siswa meningkat. Hal ini ditunjukan dengan (1) Peningkatan
hasil lembar observasi berpikir kreatif siswa oleh pengamat I 78% dan pengamat
II 79% pada siklus I meningkat menjadi pengamat I 84% dan pengamat II 83%
pada siklus II, (2) Peningkatan hasil tes berpikir kreatif siswa dari 64,71% pada
siklus I meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa
adanya keefektifan dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question
terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-1 di MTsN
Lhokseumawe


Detail Information

Penulis
LISDA MALINDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207640
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail