PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANAH LUAS

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANAH LUAS

XML

K
emampuan
Komunikasi M
atematis
merupakan salah satu kemampuan
komunikasi sangat penting, karena komunikasi matematis dapat menjelaskan
gagasan matematika secara lisan, tulisan, gambar dan simbol.
Oleh karena itu.
siswa
lebih aktif dalam proses bela
jar mengajar dan siswa termotivasi terhadap
pembelajaran metematika.
Namun faktanya kemampuan ini sering terabaikan,
siswa jarang diberi kesempatan untuk mengungkapkan idenya.
Untuk itu,
perlu
diterapkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan ide
-
ide
matem
atis
yang disajikan dalam bentuk komunikasi
dalam mengembangkan ide
-
idenya
.
Salah satu
model
tersebut adalah
pembelajaran
tutor sebaya
.
Penelitian ini
bertujuan untuk
mengetahui
peningkatan kemampuan
komunikasi
matematis
siswa
SMP
Negeri 1 Tanah Luas
melalui penerapan
model
pembelajaran
tutor
sebaya
.
Dalam penelitian ini
meng
gunakan
paduan
kuantitatif
.
D
ata yang
di
peroleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh datanya
maka harus
di
lakukan tes
.
P
opulasi
dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa
kelas
VII SMP
Negeri 1 Tanah Luas
. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik acak
(
Random S
ampling
), y
ang menjadi sampel yaitu kelas
VII
B
sebagai kelas
eksperimen dan
VII
C
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas
diperoleh
F
hitung

F
tabel
yaitu
98
,
1
20
,
1

sehingga dapat disimpulkan bahwa
kedua data tersebut homogen. Sedangkan uji normalitas
data dari nilai gain kelas
eksperimen
dan kelas
k
ontrol
dari
hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh
bahwa data berdistribusi
normal, sehingga untuk pengujian hipotesis
hasil data
dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji
-
t
pada taraf signifikan
05
,
0


dengan
46

dk
diperoleh
962
,
2

hitung
t
dan
6788
,
1

tabel
t
Maka berdasarkan
kr
iteria pengujian hipotesis tolak
0
H
, yaitu
tabel
hitung
t
t

dan diperoleh hasil
6788
,
1
962
,
2

; sehingga H
0
ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan kem
ampuan
Komunikasi Matematis Siwa SMP Negeri 1 Tanah Luas
.


Detail Information

Penulis
IRMAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207558
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail