DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE

XML

Wabah virus Covid-19 di Indonesia sehingga membuat pengaruh besar terhadap
kegiatan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dampak pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 terhadap kegiatan
belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Lhokseumawe. Penelitian
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Historical Research,
yang meneliti kejadian yang sudah terjadi pada saat penelitian ini dilakukan. Data
penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian
didapati bahwa dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif pembelajaran
online terjadi pada peranan guru dan media pembelajaran. Dampak positif
peranan guru ialah guru dapat mengetahui langsung pencapaian pemahaman
materi dan hasil belajar siswa. Meningkatkan keterampilan dalam menggunakan
Smartphone. Peranan guru semakin maksimal dalam belajar matematika yaitu
peranan guru menjadi demonstrator dan motivator terhadap peserta didik.
Sedangkan dampak positif dari media pembelajaran diantaranya media.WhatsApp
sangat membantu siswa dalam mencari sumber belajar dan memperlancar proses
belajar online. Memicu kreatif dan inisiatif guru dalam penyampaian materi
kepada peserta didik. Dampak negatif dari pembelajaran online terdapat pada
peranan peserta didik dan peranan materi pembelajaran. Dampak negatif dari
peranan peserta didik ialah siswa tidak menyukai pembelajaran online. Waktu
pengumpulan tugas yang dibatasi oleh guru dan keterbatasan interakasi guru dan
peserta didik dalam komunikasi pembelajaran, serta melonjaknya pengeluaran
biaya kouta internet untuk mengunduh materi dan menonton video materi. Bahkan
ada sebagian siswa yang tidak mempunyai Smartphone. Sedangkan dampak
negatif dari peranan materi pembelajaran diantaranya banyak peserta didik yang
kurang memahami materi yang diberikan karena penjelasan guru tidak terperinci
dan kurang jelas dalam penyampaian materi. Selain itu guru memberikan latihan
soal yang jauh berbeda dengan contoh soal yang diberikan pada materi. Untuk
mengetes pemahaman siswa dalam menjawab soal.


Detail Information

Penulis
RIAHUL RIFKA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017220025
Edition
Language
Indonesia
Publisher SYARIAH-HES : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail