DAMPAK KOMUNIKASI PERSUASIF GUR SISWA DALAM PE DI SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE JURUSAN FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI DAMPAK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI

Record Detail

Skripsi

DAMPAK KOMUNIKASI PERSUASIF GUR SISWA DALAM PE DI SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE JURUSAN FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI DAMPAK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI

XML

ABSRTAK
Skripsi ini berjudul “Dampak Komunikasi Persuasif Guru terhadap Sikap Siswa
dalam pembelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 2Lhokseumawe”. Pemilihan
judul ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yang masih banyak
mengalami permasalahan dalam komunikasi antara guru dengan peserta didik.
Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) seharusnya mampu
membangun kesadaran diri siswa untuk mengubahsikap kearah yang lebih baik.
Namun kenyataanya yang terjadi sikap siswa dalam pembelajaran, siswa
kebanyakan tidak mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, pertama,bagaimana komunikasi
persuasif antara guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Lhokseumawe
terhadap sikap siswa dalam pembelajaran PAI, kedua, Apa dampak komunikasi
persuasif guru pembelajaran PAI terhadap sikap siswa kelas XI di SMA Negeri 2
Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui
komunikasi persuasif guru pembelajaran PAI terhadap sikap siswa kelas XI di
SMA Negeri 2 Lhokseumawe, kedua, untuk mengetahui dampak komunikasi
persuasif guru pembelajaran PAI terhadap sikapsiswakelas XI di SMA Negeri 2
Lhokseumawe. Dalam menguraikan pembahasan peneliti menggunakan metode
kualitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa kelas
XI, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi persuasif dilkukan dengan cara pendekatan hati melalui tindakan dan
pernyataan yang memberikan penyadaran bagi siswa untuk melakukan sebuah
perubahan yang lebih baik, seperti mengajak siswa mengikuti rohis pada hari
sabtu, menyampaikan ceramah dan memberikan nasehat. Adapun dampak
komunikasi persuasif terjadi antara guru dengan siswa berdampak negatif dan
positif, dampak negatif adalah ada siswa yang tidak mendengarkan nasehat guru,
dan dampak positifnya adalah ada siswa yang mendengarkan nasehat guru, setelah
guru memberikan nasehat dan ceramah kepada siswa.


Detail Information

Penulis
MUTIANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107547
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail