PEMBAGIAN HARTA WARISAN SAMA BAGIAN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF NAṢ DAN ADAT ACEH (Studi Kritik Terhadap Adat Aceh)

Record Detail

Thesis

PEMBAGIAN HARTA WARISAN SAMA BAGIAN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF NAṢ DAN ADAT ACEH (Studi Kritik Terhadap Adat Aceh)

XML

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana harta warisan jika dibagi sama bagian antara laki-laki dan perempuan dalam perspektif Naṣ dan adat Aceh. Penelitian ini juga memaparkan kritik Naṣ terhadap adat Aceh yang membolehkan membagi harta warisan sama bagian antara laki-laki dan perempuan setelah ahli waris mengadakan musyawarah mufakat. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis normatif yang bersifat kualitatif dan bila ditinjau dari segi tempat pengambilan data maka penelitian ini termasuk kedalam bentuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan Living al-Qur`an surat an-Nisa ayat 11. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik survey literatur. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriktif kualitatif dan tahapan analisa data dengan reduksi, display dan verifikasi data. Temuan penelitian menginformasikan: Pertama, Menurut hukum waris Islam bagian besaran untuk laki-laki mendapat dua kali lipat dari bagian perempuan, sedangkan adat di Aceh ada sebagian masyarakat Aceh ada yang membagi harta warisan setelah musyawarah mufakat ahli waris sama bagian antara laki-laki dan perempuan. Kedua, Persamaan antara hukum kewarisan Islam dengan hukum waris adat adalah sama-sama mengatur tentang pengalihan harta warisan. Perbedaan keduanya pada sudut pandang konsep keadilan. Hukum kewarisan Islam menerapkan azas keadilan ilahi/keadilan distributif sedangkan hukum waris adat Aceh menerapkan azas keadilan komulatif. Ketiga, Temuan penulis dari hasil penelitian bahwa harta warisan jika dibagi sama bagian antara laki-laki dan perempuan setelah musyawarah mufakat adalah bertentangan dengan Naṣ al-Qur`an surat an-Nisa ayat 11, hadiṡ Nabi SAW dan Ijma` ulama, jika tidak direlakan dan disetujui oleh ahli waris laki-laki.


Detail Information

Penulis
Saifuddin - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018540568
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-Hukum Islam : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X4.4 Sai p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail