PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BIMBINGAN SHALAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 13 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BIMBINGAN SHALAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 13 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bimbingan
Shalat Pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Lhokseumawe”. Semakin hari kecintaan
dalam melaksanakan shalat pada siswa semakin berkurang. Akibatnya, semakin
banyak siswa yang tidak bisa melaksanakana shalat secara baik dan benar apalagi
memahami isi kandungan dari pada al-Qur’an tentang shalat. Padahal,
mempelajari tentang shalat dapat memberi pengaruh yang baik terhadap diri
seseorang siswa sehingga menjadi remaja yang Qur’ani. Oleh karena itu, peran
guru PAI sangat penting dalam menumbuhkan kecintaan shalat pada siswa.
Adapun pertanyaan penelitian ini Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam
dalam bimbingan shalat pada siswa kelas VII SMP N 13 Lhokseumawe? dan Apa
sajakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan
agama Islam untuk meningkatkan pemahaman ibadah siswa di SMP N 13
Lhokseumawe. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan peran guru
pendidikan agama Islam dalam bimbingan shalat pada siswa kelas VII SMP N 13
Lhokseumawe dan untuk mengambarkan kendala-kendala yang dihadapi guru
PAI dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam untuk meningkatkan pemahaman
ibadah siswa di SMP N 13 Lhokseumawe. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Sumber data dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang pertama menunjukan bahwa guru PAI berperan dalam mengajari
tata cara shalat, mengontrol saat shalat, membimbing siswa, memberikan siraman
rohani, melatih siswa secara continiu, memberi mitivasi,dan memberi peringatan
dan hukuman bagi yang melanggar. Kedua adapun kendala terkait perannya yaitu
siswa kurang minat dalam shalat, kurangnya respon dari guru-guru, siswa kurang
disiplin dalam shalat, kurangnya pemahaman siswa, kurangnya partisipasi orang
tua peserta didik, terbatas waktu dan terbatasnya kemampuan guru dalam
memamfaatkan media pembelajaran. Terlepas dari kendala tersebut beberapa
upaya yang dilakukan oleh guru PAI mengawali proses pembelajaran dengan ayat
al-Quran, memberikan tugas yang berhubungan dengan shalat, memceritakan
kisah-kisah Islami menjadikan al-Quran sebagai reverensi.


Detail Information

Penulis
NURMASYITAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107488
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail