MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MIN 1 ACEH UTARA

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MIN 1 ACEH UTARA

XML

Manajemen kelas merupakan upaya seseorang wali kelas secara sistematis untuk
menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam
rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan
motivasi belajar yang lebih baik sesuai dengan kemampuan siswa di MIN 1 Aceh
Utara. Wali kelas sebagai pondasi pengelolaan kelas harus mampu memahami
konsep dasar manajemen kelas yang meliputi tujuan, prinsip dan fungsi dari
manajemen tersebut. Penelitian ini didesain untuk melakukan penelitian terhadap
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelas yang dilakukan oleh
wali kelas MIN 1 Aceh Utara dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
analisis. Sumber data dalam penelitian ini antara lain sumber data primer, yaitu
guru wali kelas dan siswa dikelas III/a dan V/a MIN 1 Aceh Utara. Sumber data
skunder adalah berupa arsip atau dokumen yang mendukung hasil penelitian ini,
roster kelas, buku agenda harian kelas, jadwal piket siswa dan perangkat
pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1)
perencanaan manajemen kelas pada MIN 1 Aceh Utara meliputi; perencanaan
pengaturan fasilitas (sarana dan prasarana) kelas, perencanaan pengelolaan
pengajaran, perencanaan pengaturan siswa, dan perencanaan pengaturan
administrasi kelas; 2) pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan wali kelas
berfokus pada aspek pengelolaan, pembiayaan, dan aspek sarana dan prasarana.
Seorang guru atau wali kelas harus memiliki keterampilan mengorganisasi
fasilitas yang ada di kelas dengan baik; keterampilan mengelola proses pengajaran
yang kondusif; keterampilan mengatur penempatan siswa dengan benar; dan
keterampilan melaksanakan dan mengelola administrasi kelas dengan benar; dan
3) evaluasi manajeman kelas dilakukan dalam bentuk supervisi kelas serta
penyampaian hasil laporan kepada kepala madrasah , dan melakukan tindak lanjut
sebagai upaya solusi yang terbaik untuk meningkatan motivasi siswa dalam
belajar. Tindak lanjut yang diberikan secara bertahap, tergantung tingkat
keberhasilan kepala madrasah dalam melaksanakan pengawasan, selanjutnya
kepala madrasah akan mengambil tindakan untuk melakukan pembinaan, baik
pembinaan langsung maupun pembinaan tidak langsung. Pembinaan langsung,
yaitu pembinaan yang diberikan kepala sekolah secara langsung setelah melihat
hasil instrumen. Pembinaan tidak langsung dilakukan dalam waktu tertentu.


Detail Information

Penulis
NURLIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300251
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.2 Nur m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail