PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 ACEH UTARA

Record Detail

Thesis

PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 ACEH UTARA

XML

Judul tesis ini adalah “Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Islam dalam
Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh
Utara”. Rumusan masalah, yaitu: Bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan
Islam dalam pengembangan manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah
Negeri 4 Aceh Utara? Bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip kepemimpinan
Islam dalam pengembangan manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah
Negeri 4 Aceh Utara? dan Apa saja faktor penghambat dan pendukung
pelaksanaan prinsip-prinsip kepemimpinan Islam dalam pengembangan
manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Utara? Peneliti
menggunakan metode penelitian dengan jenis deskriptif dan pendekatan penelitian
kualitatif. Hasil penelitian, menunjukkan: pertama, prinsip-prinsip kepemimpinan
Islam dalam pengembangan manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah
Negeri 4 Aceh Utara yang digunakan oleh kepala MAN 4 Aceh Utara Adalah
prinsip profesionalitas, prinsip musyawarah, dan prinsip keteladanan dan
keadilan. Kedua: pelaksanaan prinsip-prinsip kepemimpinan Islam dalam
pengembangan manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh
Utara yaitu secara profesional dalam perbuatan serta ahli dalam bidangnya, secara
musyawarah dari masing-masing bidang kemudian dibahas bersama sampai
menghasilkan keputusan bersama dan secara Keadilan dan Keteladanan dalam
manajemen pengembangan manajemen mutu pendidikan di Madrasah Aliyah
Negeri 4 Aceh Utara. Kepala MAN 4 Aceh untuk meningkatkan mutu madrasah
adalah dengan menyamakan persepsi dengan guru dan staf tentang visi, misi,
tujuan, dan sasaran dan prasarana madrasah, mendayagunakan SDM dan potensi
madrasah semaksimal mungkin, perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana,
mengadakan kegiatan menunjang mutu madrasah serta mengikutsertakan peserta
didik dalam perlombaan, menjalin kerjasama dengan pihak luar. Ketiga, faktor
penghambat adalah kurangnya keberanian guru untuk melaksanakan kegiatan
program madrasah sehingga membutuhkan pendampingan, masih adanya
perbedaan pendapat dan penunjukan bagi beberapa guru untuk mengikuti
beberapa diklat hanya terfokus pada guru tertentu. Faktor pendukung peningkatan
mutu pendidikan dari pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, orangtua,
sarana dan prasarana, dan lingkungan. Seperti tersedianya wadah penampungan
pendapat yang tersentra di bagian humas, adanya keleluasaan untuk
mengemukakan pendapat pada saat musyawarah, madrasah memberikan
dukungan baik dari segi pendanaan kegiatan, fasilitas, dan sarana prasarana,
maupun dari segi pembelajaran, kerjasama dan ikut berpartisipasi dalam
mensukseskan keputusan bermusyawarah dari tahap perencanaan hingga tahap
pelaksanaan kegiatan, peningkatan disiplin, membentukan kelompok diskusi
profesi dan sebagai tempat Revitalisasi MGMP dan MKKS di sekolah.


Detail Information

Penulis
Zulfahmi - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017530420
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Zul p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail