Thesis
INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN MELALUI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPS PADA MIN 22 ACEH UTARA
XMLPenelitian ini mengkaji tentang internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui manajemen pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara. Guru tidak hanya menyelesaikan administrasi pembelajaran semata, penyesuaian silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, namun juga mampu melengkapi kegiatan pembelajaran yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Seharusnya guru menginternalisasi nilai-nilai keagaman pada mata pelajaran tersebut melalui kompentensi inti yaitu religius,sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Pertanyaan penelitian dalam penulisan ini adalah(1)Bagaimana Perencanaan Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen PembelajaranIlmu Pengetahuan Sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara? (2) Bagaimana Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara? (3) Bagaimana Evaluasi Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara? Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Untuk menjelaskan Perencanaan Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada MadrasahIbtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara, (2) Memaparkan Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada MadrasahIbtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara, (3) Menguraikan Evaluasi Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan melalui Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kepala madrasah, kurikulum, guru kelas dan Siswa kelas V.Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan,pada dasarnya jika ditelaah dari dokumen satu,khususnya di dokumen guru ternyata terdapat perencanaan pembelajaran yang menginternalisasi nilai-nilai keagamaan di setiap pembelajaran. Setelah ditelaah dari turunan KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 ternyata guru belum mampu menurunkannya melalui standar kompetensi dan kompetensi dasar pada indikator pembelajaran,2) Pelaksanaan, setelah ditelaah dari dokumen guru pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,ternyata belum sepenuhnya merencanakan pembelajaran dengan menginternalisasi nilai-nilai keagamaan melalui manajemen pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam setiap pembelajaran melalui kegiatan inti. Faktanya pada saat pembelajaran guru melaksanakan internalisasi nilai-nilai keagamaan, walaupun tidak terencana dengan baik (hidden curiculum),3)Evaluasi, dokumen perencanaan terdapat aspek penilaian religius, sikap, keterampilan, dan pengetahuan, tetapi guru belum melakukan penilaian secara per pertemuan, hal ini disebabkan guru hanya memberikan penilaian pada akhir semester.
Detail Information
Penulis |
SALIHIN - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2018530559 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Sal i
|