MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SMP NEGERI ARUN

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SMP NEGERI ARUN

XML

Full day school merupakan salah satu program belajar satu hari penuh
(pukul 7.30 wib s.d. 16.30 wib) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan
melalui program pengembangan diri di luar jam pelajaran pokok. Program belajar
sistem full day school bermanfaat sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar
siswa, menyelesaikan tugas-tugas pelajaran pokok, serta pembinaan akhlak mulia.
Pelaksanaan belajar dengan sistem full day school hendaknya perlu pengelolaan
yang tepat, agar tidak terjadi kesenjangan dengan kurikulum nasional. Tesis ini
didesain untuk melakukan penelitian terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi full day school dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri
Arun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
analisis. Sumber data dalam penelitian ini antara lain sumber data primer, yaitu
kepala sekolah, guru dan siswa. Sumber data skunder adalah berupa arsip atau
dokumen yang mendukung hasil penelitian ini, antara lain jadwal kegiatan
pembinaan akhlak siswa, absensi siswa, daftar guru, dan lain-lain. Hasil
penelitian, 1) Perencanaan full day school antara lain kebijakan sekolah
didasarkan atas usulan orang tua siswa dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan siswa, tujuan yang diharapkan dari full day school meliputi mengatasi
kesulitan belajar, menyelesaikan tugas-tugas belajar, serta pembinaan akhlakul
karimah siswa. Khusus dalam pembinaan akhlak siswa, sekolah menyusun
program kegiatan, yang meliputi kurikulum khusus, pengaturan guru, jadwal
kegiatan. Penyusunan program kegiatan dilakukan oleh kepala sekolah, kegiatan
penyusunan dilakukan pada awal tahun pelajaran, kegiatan penyusunan dilakukan
di sekolah, penyusunan program sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan
pembinaan. 2) Pelaksanaan full day school dalam pembinaan akhlak dilakukan
secara langsung, yaitu membina akhlak melalui materi khusus akhlak yang
dilaksanakan pada sore hari, dan secara tidak langsung melalui kegiatan rutinitas
siswa di sekolah, baik di dalam kelas saat proses belajar mengajar, maupun
kegiatan di luar kelas seperti shalat berjamaah. Unsur yang dilibatkan dalam
pembinaan akhlak terutama semua guru di sekolah tersebut, selain itu ditambah
guru khusus yang dianggap profesional dalam membina akhlak siswa yang
diundang dari luar yang berlatar pendidikan dayah/pesantran. Materi yang
diberikan meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap guru, dan sesama
teman serta akhlak terhadap orang lain. Kendala yang dialami dalam pembinaan
akhlak siswa adalah waktu masih terbatas, mengingat masih banyak
pengembangan diri lain yang perlu dilaksanakan, selain itu metode pendekatan
guru dalam pembinaan masih terbatas; 3) Evaluasi full day school dalam
pembinaan akhlak siswa, antara lain evaluasi dilakukan terhadap hasil pembinaan
akhlak siswa, evaluasi dilakukan oleh guru pada akhir semester, bentuk evaluasi
yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung dan dalam bentuk rubrik /
instrumen. Tujuan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa setelah
dilakukan pembinaan.


Detail Information

Penulis
Muhammad - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018530549
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X5.1 Muh m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail