PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 6 JURUSAN FAKULTAS INSTITUT ENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 6 JURUSAN FAKULTAS INSTITUT ENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Kemampuan siswa dalam mempraktikkan shalat berjama’ah dan membaca do’ado’a
shalat di SMP Negeri 6 Lhokseumawe khususnya kelas VIII masih tergolong
rendah. Hal ini dikarenakan siswa masih kurang mampu dan kesulitan dalam
memahami materi sehingga siswa kurang mampu mempraktikkan shalat
berjama’ah dan membaca do’a-do’a shalat dengan baik dan benar. Penyebab
rendahnya hasil pembelajaran PAI siswa adalah guru yang masih menggunakan
model pembelajaran yang kurang efektif sehingga menumbulkan kejenuhan,
kurangnya perhatian siswa dan mengurangi minat belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran PAI. Untuk itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar PAI siswa salah satunya dengan menggunakan media
pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, seperti halnya
Microsoft PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Terhadap
Peningkatan Hasil Pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Dalam
penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh di uji
secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP
Negeri 6 Lhokseumawe, sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan dengan
random sampling class (acak kelas), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas
VIII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Sebelum uji
t digunakan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dengan
taraf signifikan 5%. Tujuan dilakukan uji homogenitas adalah untuk mengetahui
apakah kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak. Berdasarkan hasil
pre-test diperoleh jumlah nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu ̅ : 55,47 dan
jumlah nilai rata-rata kelas kontrol yaitu ̅ : 51,95, kemudian hasil uji
homogenitas data pre-test diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,07 < 2,07 dan hasil postest
diperoleh jumlah nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu ̅ : 83,57 dan jumlah
nilai rata-rata kelas kontrol yaitu ̅ : 78,47, kemudian hasil uji homogenitas data
post-test diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,32 < 2,07 sehingga dapat disimpulkan
bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama. Hasil uji
normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1335 < 0,1900 dan untuk
kelas kontrol diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1103 < 0,1730 maka dapat disimpulkan
bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Karena data tersebut homogen dan
berdistribusi normal maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-t. Hasil penelitian diperoleh 


>
 yaitu 1,82 > 1,68 maka tolak Ho
dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Terhadap Peningkatan Hasil
Pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Lhokseumawe”


Detail Information

Penulis
OKY MAULANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107510
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail