METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIST SISWA SMP NEGERI 9 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIST SISWA SMP NEGERI 9 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Guru memilikiperanan yang sangatpentingdalamduniapendidikan, olehkarenaitu,
setiap guru diharapkanmempunyaikreatifitasdalammelaksanakan proses pembelajaran
yang menjadikan pembelajaran itu berhasil dengan baik, sehingga mutu pendidikan
juga menjadi lebih baik. Namun, berdasarkan observasi awal yangpeneliti lakukan di
beberapa sekolah, sangat sedikit murid yang dapat menghafal hadist, banyaknya
murid yang malas dalam belajar, tidak semangat saat belajardankeluarmasukpadasaat
proses pembelajaranberlangsung, sehingga penulis ingin mengetahui metode apa
yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kemampuan
menghafal hadist. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan suatu penelitian dengan
judul “MetodePembelajaranGuru PAI DalamMeningkatkan Kemampuan Menghafal
Hadist Siswa SMP Negeri 9 Lhokseumawe”. Adapun yang menjadi pertanyaan
penelitiandalam penelitian ini Bagaimanakahproses pembelajaran Guru PAI dalam
meningkatkan kemampuan menghafal hadist siswa SMP Negeri 9 Lhokseumawe?, Bagaimana metode Guru PAI dalam membimbing hafalan hadist siswa SMP Negeri
9 Lhokseumawe? danApa kendala dalam menggunakan metode pembelajaran Guru
PAI dalam kemampuan menghafal hadist siswa SMP Negeri 9
Lhokseumawe?Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki metode pembelajaran
Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal hadist siswa SMP Negeri 9
Lhokseumawe,untuk mengetahui metode yang digunakan Guru PAI dalam
membimbing hafalan hadist siswa SMP Negeri 9 Lhokseumawe dan untuk
mengetahui kendala dalam menggunakan metode pembelajaran Guru PAI dalam
meningkatkan kemampuan menghafal hadist siswa SMP Negeri 9
Lhokseumawe.Metode yang
digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatanstudi
kasus, yaitupenyelidikanmendalamterhadapsuatu unit
sosial.Subjekpenelitianiniadalah guru dansiswa SMPN 9
Lhokseumawe.Teknikpengumpulan data dengancarawawancara,
observasidandokumentasi. Teknikanalisis data menggunakanmetodeanalisadeskriptif
kualitatifdenganlangkah-langkahreduksi data, display data
danmenarikkesimpulan.HasilpenelitianGuru PAI yang mengajar di SMPN 9
Lhokseumawe memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan
pamahaman mereka terhadap menghafal Hadis pada siswanya. Peran guru PAI
terlihat dari beberapa upaya yang dilakukan oleh dirinya terkait tugasnya sebagai
pengajar di dalam ruang dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran, seperti metode jigsaw, metode pemberian tugas, metode resitasi, metode diskusi dan
metode kisah. Kendala –kendala yang dihadapi guru selama proses pembelajaran
adalah adanyasiswakeluar masuk kelas pada saat menghafal Hadist, banyak yang
bermain-main, dan asyik dengan hal lain-lainya, sehingga akibatnya siswa tersebut
jadi tidak fokus menghafal Hadis dan juga tidak fokus mendengar ketika guru
sedang mengarahkan dan membina dalam menghafal hadist, serta sedikitnya waktu
yang tersedia untuk aktivitas belajar/mengajar menghafal Hadis.


Detail Information

Penulis
NURLAILATUL QADAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107445
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail