PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE BELAJAR PAI SISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMAN 1 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE BELAJAR PAI SISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMAN 1 SYAMTALIRA ARON

XML

ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran PAI di sekolah, masih terpaku pada model
konvensional yang lebih menekankan pada ceramah yang monolog dan
doktrinatif. Praktek-praktek di atas menjadikan pembelajaran yang berlangsung
seperti tidak bermakna, tidak mendidik dan tidak menjadikan siswa/siswi aktif,
kreatif dan inovatif sesuai dengan harapan solusi hal ini antara lain, perlunya
alternatif dan strategi baru seperti pembelajaran dengan metode pembelajaran
group to group exchange diterapkan. Dengan demikian, peserta didik dibiarkan
melakukan perambahan intelektual sendiri, sehingga menemukan dalam dirinya
kedewasaan dalam beragama, baik dalam hal afeksi religiusnya maupun dimensi
intelektualnya, adapun rumusan masalah dalam penelitian adakah pengaruh
penggunaan metode pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar
PAI siswa SMAN 1 Syamtalira Aron?, adapun tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran group to group exchange
terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Syamtalira Aron. Metode penelitian
dalam penelitian ini adalah kuantitatif pendekatan eksperimen, adapun
populasinya adalah seluruh siswa Kelas X Mia sebanyak 6 kelas, sedangkan
sampelnya 2 kelas, yaitu X Mia-3 sebagai kelas kontrol dan X Mia-5 sebagai
kelas eksperimen, aata dikumpulkan melalui tes. Data tersebut diolah dengan
menggunakan uji statistik, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya
menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 75,90 x1 = dan
47,6 s1 = . sSedangkan untuk kelas kontrol 91,75 x2 = dan s2 = 12,08, dan
hitung tabel
2 2
χ < χ yaitu 1,32 < 7,81 bahwa data berdistribusi normal, dan dengan
hipotesis diperoleh harga = 37,5 hitung t dan t
tabel = .2 014 . Setelah pengujian
hipotesis pada taraf signifikan α = 05,0 dan (dk) = 45, maka berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis tolak H0. karena thitung > ttabel yaitu 5,37 > 2.01. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI siswa yang menggunakan
metode pembelajaran group to group exchange lebih tinggi dari pada siswa tanpa
menggunakan metode pembelajaran group to group exchange. Hal ini juga
dikarenakan metode pembelajaran group to group exchange dapat meningkatkan
minat dan semangat belajar siswa sehingga memudahkan siswa menguasai materi
yang dipelajari dan tidak mudah terlupakan.


Detail Information

Penulis
Rahmat Suryadi - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107555
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail