UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN HIFZH QUR’AN PADA RUMAH TAHFIDZ INSAN QUR’ANI WONOSOBO KABUPATEN BENER MERIAH

Record Detail

Jurnal Nasional Terakreditasi

UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN HIFZH QUR’AN PADA RUMAH TAHFIDZ INSAN QUR’ANI WONOSOBO KABUPATEN BENER MERIAH

XML

ABSTRACT
The purpose of this study is to describe: (1) efforts to improve the quality of learning Hifzh
Qur'an at the House of Tahfidz Insan Qur'ani (2) the form of implementation in improving
the quality of learning Hifzh Qur'an at House of Tahfidz Insan Qur'ani (3) supporting and
inhibiting factors to improve the quality of learning Hifzh Qur'an at the House of Tahfidz
Insan Qur'ani. Type of research is a qualitative study using descriptive methods. Key
informants in this study were the management, the leader of tahfidz house, the committee, the
teacher the clerics, secretary / representative, and treasurer. Data collection techniques in
this study were interviews, observation, and documentation. The process of data analysis is
done by: data reduction, data presentation and data verification. Results of the research are
as follows: (1) efforts to improve the quality of learning include: upgrading training for
teachers clerics fostering human resources, providing Islamic studies to teachers clerics /,
increasing the welfare of teachers clerics, (2) forms of implementing improvement the quality
of learning first gives full guidance to students, checks students' muttaba'ah books, checks
attendance of students, integrates regional curriculum with foundation curriculum, holds
graduation of tahfidzul qur'an, holds interfaith competition among students of tahfidz houses,
gives rewards, tests evaluations, habituation to saving and mandatory infaq, the second
remembrance memorization,conduct additional tutoring, tahsin and tahfidz, application of
Arabic learning, habituation of moral learning, quarantine in the third Ramadan, obliging
students to repeat and increase memorization at home, assignments to worship practices.
Keywords: learning quality; forms of hifzh Qur’an implementation.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) upaya peningkatkan mutu pembelajaran
Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu
pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (3) faktor pendukung dan
penghambat terhadap peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz
Insan Qur’ani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pengurus, pimpinan
rumah ahfidz, komite, guru/ustadz/ustadzah, sekretaris/wakil, dan bendahara. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Proses analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) upaya peningkatan mutu pemebelajaran meliputi:
training upgrading untuk guru/ustadz/ustadzah, pembinaan SDM, memberikan kajian
keislaman kepada guru/ustadz/ustadzah, meningkatkan kesejahteraan guru/ustadz/ustadzah,
(2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu pembelajaran pertama memberikan bimbingan
penuh pada santri, mengecek buku muttaba’ah santri, mengecek kehadiran santri, memadukan kurikulum daerah dengan kurikulum yayasan, mengadakan wisuda tahfidzul
qur’an, mengadakan lomba antar santri rumah tahfidz, memberikan reward, ujian/evaluasi,
pembiasaan menabung dan wajib infaq, kedua menyetor hafalan, mengadakan les tambahan,
tahsin dan tahfidz, penerapan pembelajaran bahasa arab, pembiasaan pembelajaran akidah
akhlak, karantina pada bulan ramadhan ketiga, mewajibkan para santri untuk mengulang dan
menambah hafalan di rumah, penugasan praktek ibadah


Detail Information

Penulis
HUSAINI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
Indonesia
Publisher MPI STAI HIDAYAH BOGOR : Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam : STIA Bogor.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail