UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK ANAK PADA PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DI KELOMPOK B3 TK AL-IKHLAS

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK ANAK PADA PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DI KELOMPOK B3 TK AL-IKHLAS

XML

ABSTRAK
Ibadah shalat merupakan ibadah wajib bagi kaum muslimin dimanapun berada,
sebelum ajal merengut nyawa, pikiran masih waras, walaupun badan tidak dapat
digerakkan tetap masih melekat kewajiban shalat kepadanya. Ini membuktikan
ibadah shalat merupakan ibadah yang paling utama dibandingkan ibadah yang
lain. Namun yang terjadi dilembaga pendidikan TK.Al-Ikhlas Lhokseumawe
ternyata anak-anak belum benar memehami tentang gerakan-garakan yang
dilakukan dalam ibadah salat serta belum fasihnya bacaan-bacaan dalam shalat.
Pertanyaan penelitiannya adalah bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan
psikomotorik anak pada pembelajaran materi ibadah shalat dengan menggunakan
metode demontrasi dikelompok B3 TK.AL-Ikhlas? Adapun tujuan dilakukan
penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan psikomotorik anak
pada pembelajaran materi ibadah shalat dengan menggunakan metode demontrasi,
yaitu sesuatu yang dilakukan dengan cara mempertujukkan atau memperagakan
suatu keterampilannya. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas,
kolaborasi dengan guru yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelompok B3 TK. Al-Ikhlas yang berjumlah 16 siswa. Instrument
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisa data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Peningkatan kemampuan psikomotorik anak pada
materi ibadah shalat dikatakan berhasil apabila persentase keberhasilan anak
mencapai 81%. Dengan kriteria perkembangan sangat baik (BSB).hasil penelitian
pratindakan dengan nilai rata-rata persentase 28,81%. Hasil penelitian
kemampuan psikomotorik anak pada pembelajaran materi ibadah shalat dengan
menggunakan metode demontrasi. Pada siklus I dengan nilai rata-rata persentase
sebesar 48,81%. Hasil siklus 2 pencapaian kriteria berkembang sangat baik (BSB)
dengan nilai rata-rata 83%. Peningkatan kemampuan psikomotorik anak diperoleh
melalui kegiatan pada materi ibadah shalat di TK AL-Ikhlas kota lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
Wahyuna - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108630
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail