UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI MENUNTUT ILMU SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI MENUNTUT ILMU SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Judul :Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Metode
Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Menuntut Ilmu
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lhokseumawe
Nama :Kasmawati
Nim :142108717
Pendidikan merupakan suatu wadah kegiatan yang berusaha untuk
membangun masyarakat dan watak bangsa secara berkesinambungan, oleh karena
itu pendidikan perlu mendapat perhatian, penanganan dan prioritas secara intensif
dari pemerintah, masyarakat maupun pengelola pendidikan. Pendidikan Agama
Islam disekolah dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai
permasalahan, seperti halnya proses pembelajaran saat ini masih sebatas proses
penyampaian pengetahuan tentang Agama Islam. Mayoritas metode pembelajaran
Agama Islam selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya peserta didik
kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam
materi PAI yang menyebabkan tidak adanya motivasi peserta didik untuk belajar
materi Pendidikan Agama Islam. Melihat kenyataan yang ada dilapangan sebagian
besar metode dan suasana pengajaran disekolah yang digunakan oleh guru
cenderung menoton dan membosankan, sehingga menurunkan motivasi belajar
siswa. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada hasil belajar. Untuk menjawab
persoalan persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif dalam
mempelajari Pendidikan Agama Islam yang kondusif dengan suasana yang
cenderung rekreatif sehingga memotivasi peserta didik untuk mengembangkan
potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang
penerapan pembelajaran metode kontekstual. Dengan penggunaan metode
pembelajaran ini diharapkan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat
dengan mudah dipahami dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan permasalahan diatas maka secara umum permasalahan yang
dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya meningkatkan hasil
belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Metode Contekstual Teaching
and Learning (CTL) pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lhokseumawe.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lhokseumawe.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class room Action
Reseacrh) dengan jenis kualitatif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yaitu berupa satu siklus spiral yang
meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik-teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu: berupa teknik tes untuk mengetahui dan
mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran dan teknik
non tes berupa observasi, wawancara, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan
bahwa penerapan, metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lhokseumawe pada bidang Studi
Pendidikan Agama Islam. Indikator peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat
dari bertambahnya semangat dan antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap pra siklus,
siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus, rata-rata nilai tes adalah 63,95 dari 24
peserta didik yang mengikuti tes, berdasarkan jumlah peserta didik 29% (7 orang)
anak yang tuntas dan 71% (17 orang) anak yang tidak tuntas. Pada siklus I setelah
dilaksanakan tindakan kelas. Keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi
80.00 dari 24 peserta didik yang mengikuti tes dengan banyaknya peserta didik
58% (14 orang) anak yang tuntas dan 42% (10 orang) anak yang tidak tuntas.
Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi tindakan keaktifan belajar
siswa lebih meningkat lagi menjadi 88,12 dari 24 peserta didik yang mengkuti tes
(22 orang) anak tuntas dan 8% (2 orang) yang tidak tuntas. Dari tiga tahapan tes
tersebut jelas terlihat terjadi peningkatan hasil belajar sesudah diterapkannya
metode pembelajaran kontekstual.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan
pertimbangan bagi beberapa pihak antara lain bagi guru. Pembelajaran
kontekstual perlu diterapkan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, agar
guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya
guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Detail Information

Penulis
KASMAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108717
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail