PENGARUH STRATEGI MOVIE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 DEWANTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH STRATEGI MOVIE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 DEWANTARA

XML

Kejujuran adalah suatu sikap seseorang yang biasanya diungkapkan dengan
ucapan ataupun perbuatan dengan spontan sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya tanpa ada rekayasa dari yang diucapkan dan dilakukannya. Berlaku
Jujur merupakan sifat manusia yang sangat sulit untuk diterapkan. Dengan
demikian peran guru dalam mengajar anak untuk membiasakan sikap kejujuran
sangatlah penting selain untuk membiasakan kejujuran dalam kehidupan seharihari juga untuk meningkatkan hasil belajar anak, salah satunya dengan penerapan
strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran Movie Learning. Adapun yang
menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : adakah Pengaruh Strategi
Movie Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMA Negeri 1 Dewantara?. Berdasarkan rumusan masalah,
maka terlihat akan tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui Pengaruh Strategi
Movie Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMA Negeri 1 Dewantara. Adapun untuk metode penelitian,
peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI Mipa di
SMA Negeri 1 Dewantara tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 228 siswa,
yang terdiri dari 6 kelas yaitu XI Mipa 1, XI Mipa 2, XI Mipa 3, XI Mipa 4, XI
Mipa 5, XI Mipa 6. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Class
Random Sampling, maka yang menjadi sampel adalah kelas XI Mipa 5 sebagai
kelas eksperimen, yang terdiri dari 31 siswa dan kelas XI Mipa 3 sebagai kelas
kontrol, dimana siswanya sebanyak 30 orang. Untuk metode pengumpulan data
penulis menggunakan tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Dari
hasil penelitian maka ditemukan bahwa rata-rata dari kelas eksperimen  =
79,483 dan s= 16,542 sedangkan untuk kelas kontrol  = 70,4 dan s= 16,867.
Demikian juga pada pengujian hipotesis diperoleh harga t 

= 2,310 dan
t
= 1,671. Maka tolak H= Karena t 

> t
 yaitu 2,310. > 1,671.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Strategi Movie
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMA Negeri 1 Dewantara.


Detail Information

Penulis
ANGGIA RISMA DEWI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152108852
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Ang p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail