PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON

XML

ABSTRAK
Komunikasi merupakan salah satu sarana berinteraksi, tapi pada kenyataannya
komunikasi kurang diperhatikan sehingga pembelajaran yang disampaikan tidak
tercapai serta untuk mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram,
grafik, atau gambar kebanyakan siswa tidak paham atau tidak mampu untuk
mengrealisasikannya baik secara lisan ataupun tulisan. Sehingga siswa masih
kesulitan dalam menggunakan konsep atau mengkomunikasikan gagasan-gagasan
matematika baik melalui gambar, tabel, grafik atau diagram. Hal ini tampak ketika
siswa menyelesaikan soal, yakni siswa masih mengalami kebingungan atau
kesulitan dalam menyelesaikannya terutama dalam kemampuan komunikasi
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
pembelajaran inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V11 SMP N1 Syamtalira aron, dengan pengambilan
sampel teknik kuasi eksperimen, yaitu pengambilan secara acak yang terpilih dua
kelas. Kedua kelas tersebut terdiri dari kelas V11-1 sebagai kelas eksperimen
yang diberi perlakuan dengan metode inquiry dan kelas V11-2 sebagai kelas
kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji hipotesis, kelas
tersebut homogen dengan kriteria thitung >ttabel yaitu -99,152 > 1,96. Sehingga tolak
H0 dengan demikian H0 ditolak dan diterma Ha artinya ada pengaruh pendekatan
inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 1
Syamtalira Aron


Detail Information

Penulis
NURUL SAFWANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208897
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Nur p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail