HUMANISTIC CHARACTER EDUCATION CURRICULUM MODEL IN SDIT NURUL FIKRI ACEH BESAR

Record Detail

Jurnal Nasional Terakreditasi

HUMANISTIC CHARACTER EDUCATION CURRICULUM MODEL IN SDIT NURUL FIKRI ACEH BESAR

XML

Abstrak: Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada
warga sekolah yang mencakup komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan
tindakan untuk mengimplementasikan nilai-nilai ini, baik kepada Allah SWT, diri
sendiri, orang lain, lingkungan, dan kebangsaan sehingga kita menjadi manusia.
Dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen (pemangku kepentingan)
harus dilibatkan, termasuk komponen pendidikan itu sendiri, yaitu konten kurikulum,
proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan
mata pelajaran, manajemen sekolah, pelaksanaan kegiatan ko-kurikuler atau kegiatan,
memberdayakan infrastruktur, pendanaan, dan etika kerja untuk semua penghuni dan
lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, implementasi, dan
evaluasi kurikulum pendidikan karakter humanistik. Pendekatan penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Model penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah
fenomenologi naturalistik. Untuk penentuan informan, penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling. Instrumen atau alat penelitian adalah para peneliti sendiri.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan empat teknik, yaitu: wawancara
mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data
menggunakan langkah-langkah yaitu; reduksi data, penyajian data, dan analisis data.
Kata Kunci: Kurikulum humanisme, pendidikan karakter
Abstract: Character education is a system of planting character values to school citizens
which includes the components of knowledge, awareness or willingness, and actions to
implement these values, both to God Almighty, oneself, others, environment, and
nationality so that we become human beings. In character education in schools, all
components (stakeholders) must be involved, including the components of education
itself, namely curriculum content, learning and assessment processes, quality of
relationships, handling or management of subjects, school management, implementation
of co-curricular activities or activities , empowering infrastructure, funding, and work
ethics for all residents and the school environment. The focus of this research was the
planning, implementation, and evaluation of humanistic character education curriculum.
The approach of this research was a qualitative approach. The research model in
accordance with this study was naturalistic phenomenology. For the determination of
informants, purposive sampling technique was used. Research instruments or tools are
the researchers themselves. The data collection of this study used four techniques, namely: in-depth interviews, participant observation, documentation studies, and triangulation.
Data analysis uses steps namely; data reduction, data presentation, and data analysis.
Key Words: Humanistic Curriculum, Character Education


Detail Information

Penulis
Husaini, M.Ag - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 198102272008011006
Edition
Language
English
Publisher Jurnal Tarbiyah UIN Sumatera Utara : Medan.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
FTIK

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail