IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM PADA TK ALMANAR KABUPATEN BENER MERIAH

Record Detail

Jurnal Nasional Terakreditasi

IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM PADA TK ALMANAR KABUPATEN BENER MERIAH

XML

Abstrak
Integrasi kurikulum merupakan suatu upaya pengembangan kurikulum dengan memadukan
antara kurikulum agama dan kurikulum umum. Dalam proses pembelajarannya terintegrasi
nilai-nilai pendidikan ke dalam setiap materi pelajaran. Pengembangan kurikulum keagamaan
dapat dilakukan melalui kurikulum muatan lokal, sesuai dengan aturan yang ada dan tetap
mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Upaya integrasi kurikulum dilakukan tidak
hanya terkait dengan isi materi, tetapi hingga metode hingga pengevaluasiannya. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui langkah dalam mengimplementasikan integrasi
kurikulum di TK Al Manar Kabupaten Bener Meriah, strategi pembelajaran yang dilakukan
dalam mengimplementasikan integrasi kurikulum di TK Al Manar Kabupaten Bener Meriah,
faktor pengdukung dan penghambat dalam mengimplementasikan integrasi kurikulum di TK
Al Manar Kabupaten Bener Meriah, upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan
pengimplementasian integrasi kurikulum di TK Al Manar Kabupaten Bener Meriah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Data
dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan
di analisis dengan cara trianggulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa langkah-langkah
implementasi integrasi kurikulum di TK Al Manar yaitu: merumuskan kesamaan visi, misi
serta tujuan sekolah sesuai dengan kriteria pendidikan islam terpadu, menyusun kurikulum
yang relevan dengan visi, misi serta tujuan sekolah, keteladanan guru dan seluruh tenaga
kerja TK Al Manar mencerminkan keshalehan, menanamkan nilai-nilai moral dan religius
saat proses belajar mengajar, Membuat laporan kegiatan siswa sebagai sarana memutaba`ah
kegiatan siswa seperti shalat, tahsin, dan tahfiz. Strategi Pembelajaran Integratif di TK
Almanar yaitu: Perencanaan, program harian, tahunan, dan semester . Faktor pendukung
guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya adalah adanya komitmen yang kuat
dan teguh. Faktor penghambat adalah ketidaksepahamaman sebagian orang tua siswa
terhadap visi, misi serta tujuan yang ditetapkan sekolah. Upaya-upaya mengatasi hambatan
pengimplementasian integrasi kurikulum di TK Al Manar yaitu sebagai berikut:
mengefektifkan kerjasama dengan wali siswa melalui program-program kegiatan, pengajian
dan diskusi.
Kata Kunci: Implementasi, Integrasi, Kurikulum, Taman Kanak-Kanak


Detail Information

Penulis
Husaini, M.Ag - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 198102272008011006
Edition
Language
English
Publisher Jurnal Pionir UIN Ar-Raniry : Banda Aceh.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
FTIK

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail