KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN

Record Detail

Jurnal

KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN

XML

ABSTRAK
Kedudukan anak dalam rumah tangga sebenarnya dalam posisi lebih lemah, lebih
rendah karena secara fisik, mereka memang lebih lemah dari pada orang dewasa
dan masih bergantung pada orang-orang dewasa di sekitarnya. Di dalam diri anak
sangat membutuhkan kasih sayang dan perlingdungan dari orang dewasa, baik
dari lingkugan keluarga dan lingkungan pendidikannya. Banyak anak- anak yang
merasakan kurang kasih sayang dari orang tua dan para pendidik hingga mereka
merasakan kekerasan didalam rumah tangga dan lingkugan pendidikan. Kekerasan
yang terjadi terhadap anak dapat membahayakan Fisik dan Psikis anak.
Berdasarkan permasalahan diatas dapat dirangkum masalah sebagai berikut,
Bagaimana kekerasan terhadap anak dalam Pendidikan Islam menurut Ibnu
Khaldun. Dan tujuannya, Untuk mengatahui Kekerasan terhadap anak dalam
pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun. Penelitian ini bersifat Kualitatif dan
penelitian ini mengunakan metode studi Perpustakaan (Library Reserch), Sumber
data: yaitu Data Primer dan Data Sukunder, Data Primer, data- data yang terkait
tentang kekerasan terhadap anak dalam pendidikan Islam. Data Sukunder adalah,
Buku- Buku, Kitab, Jurnal, Artikel, Makalah, dan bahan- bahan lain yang
berkaitan dengaan masalah yang penelitian ini. Sedangkan untuk Tehnik Analisis
Data. Reduksi Data, Display Data, Verifikasi Data. Sesudah di lakukan Penelitian.
Pendidikan menurut Ibnu Khaldun adalah mentransformasikan nilai-nilai yang
diperoleh dari pengalaman untuk dapat memepertahankan eksistensi manusia
dalam peradaban masyarakat. Pendidikan adalah upaya melestarikan dan
mewariskan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat agar masyarakat tersebut bisa
tetap eksis.Pemikiran Ibnu Khaldun dalam hal pendidikan ia tuangkan dalam
karya monumentalnya yang dikenal dengan sebutan Muqaddimah. Sebagai
seorang filosof muslim pemikirannya sangat rasional dan berpegang teguh pada
logika. Corak ini menjadi pijakan dasar baginya dalam membangun konsepkonsep pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemikiran Ibnu Khaldun
tentang kekerasan terhadap anak dalam pendidikan adalah. Ibnu Khaldun
melarang kekerasan terhadap anak dalam pendidikan hal ini bisa membahayakan
fisik dan psikis peserta didik. Ibnu khaldun menawarkan konsepnya ialah
menekankan kepada pendidik agar mendidik dengan lemah lembut dan kasih
sayang terhadap peserta didik. Secara keseluruhan Ibnu Khaldun menyimpulkan
bahwa pembelajaran dengan kekerasan hendaknya dihapuskan didalam dunia
pendidikan. Penghapusan kekerasan dalam dunia pendidikan hendaknya menjadi
bagian dari keinginan untuk memajukan pendidikan, peningkatan akhlak dan
moral anak didik.


Detail Information

Penulis
Husaini, M.Ag - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 198202272008011006
Edition
Language
English
Publisher FTIK : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail