PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TAJWID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DRIIL PADA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI I SIMPANG KEURAMAT

Record Detail

Thesis

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TAJWID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DRIIL PADA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI I SIMPANG KEURAMAT

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan
hasil belajar tajwid pada siswa setelah menerapkan metode pembelajaran driil.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian
adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Simpang Keuramat, Tahun Ajaran 2016/
2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa dengan tingkat kemampuan
yang heterogen. Objek Penelitian adalah kemampuan guru mengelola
pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran serta motivasi
belajar siswa melalui metode pembelajaran driil pada materi tajwid. Data
penelitian diperoleh dari hasil tes awal dan akhir mengenai kemampuan
penguasaan materi tajwid, observasi guru dan siswa serta hasil penyebaran angket
motivasi belajar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) metode pembelajaran driil dapat meningkatkan hasil belajar tajwid
siswa. (2) metode pembelajaran driil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dari hasil tes siklus I yaitu menjadi 13 siswa tuntas (68,18%) dan meningkat lagi
pada tes siklus II siswa adalah 19 siswa (86, 1%) yang mempunyai kategori tuntas.
Sedangkan motivasi belajar siswa sebesar 53,72% sebelum diterapkan metode
pembelajaran driil dan 73,42% setelah diterapkan metode pembelajaran drill.
Berdasarkan kesimpulan di atas maka penelitian ini menyarankan (a) bagi guru,
agar mempertimbangkan penerapan metode pembelajaran driil dalam rangka
peningkatan kualitas pembelajaran tajwid (b) bagi siswa, agar dapat meningkatkan
aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar
dalam mempelajari tajwid.
Kata Kunci : Metode Drill, Hasil belajar, Motivasi belajar


Detail Information

Penulis
RINA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154200138
Edition
Language
English
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
S2-PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail