REVITALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAYAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL (Studi Etnopedagogi di Pesantren Darussaadah Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah)

Record Detail

Thesis

REVITALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAYAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL (Studi Etnopedagogi di Pesantren Darussaadah Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah)

XML

ABSTRAK
Nama : Safriadi
NIM : 16300292
Judul : Revitalisasi Manajemen Pendidikan Dayah Berbasis Nilai-nilai
Kearifan Lokal ( Studi Etnopedagogi di Pesantren Darussaadah
Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan, dan
evaluasi manajemen pendidikan dayah berbasis kearifan lokal. Manajemen
pendidikan untuk mengorganisasikan kegiatan yang menunjang pembelajaran, karena
manajemen kelembagaan akan menunjang penyelengaraan pengajaran dan
pembelajaran. Kearifan lokal adalah pandangan dan pengetahuan lokal yang berasal
dari budaya masyarakat, unik, memiliki hubungan dengan alam dan sejarah yang
panjang beradaptasi dengan sistem ekologi setempat, bersifat dinamis, dan terbuka
berdasarkan nilai-nilai ideal. Kearifan lokal dasar pengambilan keputusan yang
diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari kajian pustaka dan observasi.
Metode analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif. Peneliti
mencermati aspek pendidikan dasar dan kearifan lokal secara terminologis.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa Pertama, bentuk-bentuk
kearifan lokal seperti tertib, setia, semayang gemasih (kasih sayang), mutentu (kerja
keras), amanah (amanah), genap mupakat (musyawarah), alang tulung (tolong
menolong) dan bersikekemelen (kompetitif). Kedua pelaksanaan manajemen
pendidikan berbasis kearifan lokal secara terpadu nilai kearifan lokal di tempatkan
secara terintegral dengan seluruh kegiatan di pesantren, yaitu keterpaduan sistem
pembelajaran baik kegiatan dalam kelas (intrakurikuler) maupun kegiatan
pembelajaran di luar kelas (ekstrakurikuler). Tiga evaluasi manajemen pendidikan
berbasis kearifan lokal santri sikap dan perilakunya bahwa sebagian besar peserta
didik sudah konsisten menunjukkan sikap kearifan lokal.
v
ABSTRACT
Name : Safriadi
NIM : 16300292
Titel : Revitalitation of Education Management Based on Local Wisdow Value in
Boarding school Darussaadah.
The aim of this study is to find out based on the implementation and
evaluation the local wisdom of Education management in Boarding school (Dayah).
A school management system is an application of rational thinking for learning
outcomes in managing teaching learning process. Because a school management
system supports school activities such as teaching learning process. The local wisdom
is a view, and knowledge and tradition are specific to a location where the people
belong, it’s unique. The local wisdom has relationship with long adapted society and
history. It is also adapted to the local ecology system. This is dynamic and wide
based on ideal value, and that are passed on from generation to generation. This study
used qualitative research design to analyze the data. The data was obtained with the
literature review and observation. The researcher observed the primary education and
local wisdom terminologically.
The result showed that; (1) The local wisdom had some good roles in the
society such as, discipline, loyalty, Semayang Gemasih (love), Mutentu (hard
worker), Amanah (trusteeship), Genap Mupakat (social discussion), Alung Tulung
(mutual, help) and Bersikekemelen (competitive). (2) The education management
implementation based on local wisdom was integrally placed with the whole
activities of the boarding school, they are; integrated learning system in classroom
activities (intracuricular) and the activities that took place outside of classroom
(extracurricular). (3) Educational management evaluation was based on the wisdom
of the boarding school student's local attitudes and behavior. They had shown the
attitude of local wisdom consistently.
vi
االسى : سفشٚبد٘
سقى انقٛذ : 292033161
انًٕضٕع : تُشٛط إداسة انتؼهٛى انًؼٓذ٘ انقبئى ػهٗ انقٛى انؼشفٛت انًحهٛت )دساست تشبٕٚت ػشفٛت فٙ
يؼٓذ داس انسؼبدة اإلساليٙ بُش خهٛفت يذٚشٚت بُٛش يٛشّٚ(
ٚٓذف انبحج إنٗ يؼشفت إداسة انتؼهٛى تُفٛزا ٔتقًٛٛب فٙ انًؼٓذ ػهٗ أسبس األػشاف انًحهٛت. تطبق
إداسة انتؼهٛى نتُظٛى األَشطت انذاػًت نهذساست. نًتبَت انؼالقت بٍٛ إداسة يؤسست انتؼهٛى ٔإقبيت انتؼهٛى ٔانذساست.
األػشاف انًحهٛت ػببسة ػٍ انُظشة ٔانًؼشفت انًحهٛت انصبدسة يٍ حقبفت انًزتًغ تتصف ببنتًٛز راث ػالقت يغ
انطبٛؼت ٔانتبسٚخ انًذٚذ تتكٛف يغ انبٛئت انًحهٛت يتصفت ببنتطٕس اإلَفتبس ػهٗ األسبس انقٛى انًخبنٛت. ُٚبُٙ ػهٗ
ْزِ األػشاف اتخبر أ٘ قشاس تٕسث يٍ رٛم إنٗ رٛم. إتخبر انبحج انًُٓذ انُٕػٙ. ٚتى رًغ انبٛبَبث ػٍ طشٚق
إطالع انًشارغ فٙ انًكتبت ٔانًالحظت. ٔٚتى تحهٛم انبٛبَبث ػٍ طشٚق انتحهٛم انُٕػٙ. إػتُٙ انببحج ببنزبَب
انتشبٕ٘ اإلبتذاء ٔاألػشاف انًحهٛت يٍ حٛج اإلصطالس
أظٓشث َتبئذ انبحج يب ٚهٙ : )2 )اتخز انؼشف انًحهٙ أشكبال يتؼذدة يُٓب : انتشتٛب ٔاإلَتظبو ٔانٕفبء ٔانشحًت
ٔانزذ فٙ انؼًم ٔاأليبَت ٔانشٕسٖ ٔانتؼبٌٔ ٔانتسببق فٙ انخٛشاث. )1ٚ )تى تُفٛز إداسة انتؼهٛى ػهٗ األسبس
انؼشف انًحهٙ يٍ خالل إديبد انقٛى انؼشفٛت انًحهٛت ٔإدسارٓب فٙ رًٛغ أَشطت انًؼٓذ ػٍ طشٚق تٕرٛذ انُظبو
انتؼهًٛٙ سٕاء كبٌ يب ٚتؼهق ببنذساست داخم انصف أو انذساست انًُٓزٛت خبسد انصف. )0 )تذل ػًهٛت تقٛٛى
إداسة انتؼهٛى ػهٗ أسبس انؼشف انًحهٙ ػهٗ أٌ سهٕكٛبث أغهبٛت انطهبت ٔتصشفبتٓى تتزّ َحٕ انخببث ٔاإلنتزاو
بتهك األػشاف انًحهٛت.


Detail Information

Penulis
Safriadi - Personal Name
164300292 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300292
Edition
Language
English
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
Pasca-MPI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail