IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BRI SYARIAH CABANG LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BRI SYARIAH CABANG LHOKSEUMAWE

XML

Pelayanan adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk
memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan ini keinginan dan
kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Para pengusaha yakin bahwa kunci sukses
untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuannya memberikan total
customer value yang dapat memuaskan nasabah melalui pelayanan yang diberikan
pihak bank.Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan pelanggan semakin besar dan
ditingkatkan lagi oleh masing-masing perusahaan. Berdasarkan hal tersebut
penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana kualitas
pelayanan Bank BRI Syariah Lhokseumawe dan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas
pelayanan Bank BRI Syariah Cabang Lhokseumawe dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Bank BRI Syariah
Cabang Lhokseumawe. Sedangkan subjeknya adalah nasabah Bank BRI Syariah
Cabang Lhokseumawe yang berjumlah 5 (lima) orang dengan 1 (satu) orang
informan dari pihak Bank BRI Syariah Cabang Lhokseumawe. Metode
pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk
pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data ada tiga
yaitu: 1. Reduksi Data, 2.Penyajian Data, 3.Menarik Kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan Bank BRI Syariah
Cabang Lhokseumawe sudah cukup memuaskan bagi para nasabah. Namun,
masih terdapat beberapa faktor yang bisa dibenahi seperti jaringan ATM yang
sering offline dan jumlah kantor serta mesin ATM yang perlu ditambahkan lagi
dengan diiringi tingkat promosi yang lebih luas. Dilain pihak, Bank BRI Syariah
Cabang Lhokseumawe telah melakukan perbaikan setiap tahunnya terhadap
fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada nasabah seperti penambahan fitur
layanan mobile bangking. Faktor-faktor yang sangat menentukan kualitas
pelayanan perbankan ada 6 (enam) komponen faktor, diantaranya kepatuhan
(compliance) berupa penerapan produk Islami dan bagi hasil serta tidak adanya
pemungutan bunga, bukti langsung (tangible) berupa fasilitas fisik yang dapat
dilihat dan dirasakan langsung oleh nasabah merupakan poin utama yang dapat
menimbulkan persepsi positif dibenak nasabah, keandalan (realibility) berupa
kemampuan dalam menyelenggarakan jasa dengan akurat, konsisten dan dapat
diandalkan, daya tanggap (responsiveness) berupa kebijakan untuk membantu dan
memberi pelayanan yang tepat kepada pelanggan, dengan menyampaikan
informasi yang jelas, jaminan (assurance) berupa pengetahuan dan kesopanan
karyawan perusahaan untuk menjaga kepercayaan, dan terakhir faktor empati
(empathy) berupa perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang
diberikan kepada nasabah dengan berupaya memahami keinginan nasabah.
Keyword: Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank BRI Syariah


Detail Information

Penulis
Suryani - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 141208017
Edition
Language
English
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
EKONOMI SYARIAH

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail