UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK ANAK TERHADAP TEMAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK AL-IKHLAS KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK ANAK TERHADAP TEMAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK AL-IKHLAS KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Leniwati. 2018. Upaya Meningkatkan Akhlak Anak Terhadap Teman Melalui
Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Di Tk AlIkhlas Kota Lhokseumawe. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Malikussaleh Lhokseumawe 1438H/2017M.
Pendidikan akhlak dan budi pekerti sebagai salah satu aspek pendidikan
Islam yang harus mendapat perhatian serius, akhlak merupakan salah satu
ajaran yang terpenting, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat
melepaskan diri dari kehidupan sosial, baik sesama manusia maupun dengan
alam sekitar dan terlebih bagi dalam hubungannya dengan Allah Sang Pencipta.
Beberapa permasalahan yang terjadi saat guru sedang memaparkan cerita
diantaranya anak yang bosan dalam mendengar cerita dan 5 dari 15 anak saja yang
mampu mengambil kesimpulan dari cerita yang dipaparkan guru dan
diaplikasikan dalam pergaulannya terhadap teman di Sekolah. Hal ini diakibatkan
oleh kurangnya media yang ditampilkan guru saat bercerita sehingga anak
mengalami kesulitan untuk mengingat inti dari cerita yang dipaparkan guru.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya
meningkatkan akhlak anak kelompok B1 melalui metode bercerita di TK AlIkhlas Kota Lhokseumawe. metode cerita adalah cara yang digunakan dalam
suatu pembelajaran dengan memberikan suatu ungkapan atau tulisan yang
berisikan runtutan peristiwa atau kejadian. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data dalam penelitian
ini yaitu 15 siswa kelompok B1, Kepala Sekolah TK. Al-Ikhlas Banda Masen dan
Beberapa guru yang telah membantu peneliti. Empat kegiatan utama yang ada
pada setiap siklus, yaitu perencanaan(planning), (2) tindakan(acting), (3)
pengamatan(observing), dan (4) refleksi(reflecting). langkah-langkah PTK seperti
yang digambarkan di atas, selanjutnya dapat digambarkan lagi menjadi beberapa
siklus, yang akhirnya menjadi kumpulan dari beberapa siklus. pada siklus I
mengalami peningkatan hasil belajar siswa dari 26,6, % meningkat menjadi 54 %
atau Mulai Berkembang (MB) kearah yang lebih baik, namun demikian perlu
adanya upaya lebih giat lagi dari guru untuk mengelola kelas agar hasilnya lebih
maksimal atau bisa meningkatkan dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Berdasarkan observasi diketauhi bahwa ada 9 dari 15 siswa yang Berkembang
Sesuai Harapan (BSH). akhlak anak terhadap teman melalui metode bercerita
dengan menggunakan media gambar pada kelompok B1 di TK Al-Ikhlas yang
dilaksanakan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan
dimana jumlah siswa yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) atau pada
persentase 86,6% mencapai 13 orang siswa.


Detail Information

Penulis
LENIWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142508628
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail