Skripsi
PENGUATAN MATERI TATA CARA BERWUDHU TERHADAP ANAK- ANAK YANG BERLATAR BELAKANG SEKOLAH DASAR (SD) PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 ACEH UTARA
XMLPenguatan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran,
dengan pemberian penguatan yang baik akan sebagian besar akan mempengaruhi
hasil belajar siswa sebagaimana penguatan yang dilakukan oleh guru PAI yang
ada di MTs Negeri 7 Aceh Utara. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: 1) Apa saja bentuk penguatan Tata Cara Berwudhu terhadap
anak-anak yang berlatar belakang SD pada siswa kelas VII MTs Negeri 7 Aceh
Utara?2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat penguatan Tata Cara
Berwudhu terhadap anak-anak yang berlatar belakang SD pada siswa kelas VII
MTs Negeri 7 Aceh Utara?. Berdasarkan rumusan masalah, maka terlihat akan
tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk penguatan Tata Cara
Berwudhu terhadap anak-anak yang berlatar belakang SD pada siswa kelas VII
MTs Negeri 7 Aceh Utara, 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung
dan penghambat penguatan Tata Cara Berwudhu terhadap anak-anak yang
berlatar belakang SD pada siswa kelas VII MTs Negeri 7 Aceh Utara?. Adapun
untuk metode penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan
pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah
1 orang guru dan 23 siswa yang diwawancarai secara acak. Dari hasil penelitian
maka ditemukan bahwa: a) bentuk-bentuk penguatan yang dilakukan oleh guru
fiqih di Mts Negeri 7 Aceh Utara dalam membenarkan cara berwudhu siswa yang
berlatar belakang SD, antara lain: 1) memberikan penguatan verbal baik secara
kelompok maupun individu seperti ucapan, pujian atau hadiah, 2) memberikan
penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu mempraktik langsung cara
berwudhu yang benar di kran air sekolah. b) Faktor pendukung yaitu: 1) adanya
kesadaran diri siswa untuk melakukannya dengan benar. 2) kelengkapan fasilitas
sekolah yang memadai. 3) adanya dorongan dari siswa untuk mengapai cita- citanya menjadi seorang ulama. Faktor penghambat yaitu: 1) kurangnya perhatian
dari orang tua terhadap kemampuan agama anak. 2) Jarangnya melakukan shalat
berjama’ah di sekolah. 3) Kurangnya praktik setiap ilmu pengetahuan yang
dipelajari khusunya dalam berwudhu di kehidupan sehari-hari sehingga membuat
siswa cepat lupa.
Detail Information
Penulis |
FAUZIAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108161 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|