EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA PADA KELAS VIII PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI

Record Detail

Skripsi

EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA PADA KELAS VIII PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI

XML

Berdasarkan observasi pada awal yang penulis lakukan dilapangan menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada pembelajaran pendididikan agama
islam materi Haji dan Umrah bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Matangkuli.
Menurut penulis, hal itu karena guru masih menggunakan cara dan metode lama
dalam mengajar, terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran, masih
berfokus pada metode pembelajaran yang konvensional. Hal ini sangat
mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Salah satu metode yang tepat untuk
digunakan adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan materi yang diajarkan oleh guru,
sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Strategi ini akan sangat baik
untuk mengajarkan pembelajaran yang bersifat praktek. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI materi Haji dan Umrah melalui
metode demonstrasi pada siswa SMP Negeri 1 Matangkuli, untuk mengetahui
efektifitas penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar PAI pada materi
Haji dan Umrah di SMP Negeri 1 Matangkuli dan untuk mengetahui kendala yang
dihadapi guru dalam menerapkan metode demonstrasi terhadap hasil belajar PAI
pada siswa SMP Negeri 1 Matangkuli. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1
Matangkuli yang beralamat di jalan Ara Keumudi-Matangkuli,Gampong punti
kecamatan Matangkuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Adapun yanng menjadi sujek
penelitian ini adalah guru PAI dan siswa SMP Negeri 1 Matangkuli. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan melakukan
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Kendala yang dihadapi guru adalah
karena waktu yang terbatas, maka kesempatan bagi siswa untuk berperan secara
wajar kurang terpenuhi. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa adalah timbulnya
rasa malu untuk mempraktekkan materi tersebut dan takut akan mengakibatkan
ketidakwajaran dalam memainkan peran, sehingga hasilnya pun kurang
maksimal.


Detail Information

Penulis
NISMUL HERA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107496
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail