Skripsi
BULAN RAMADHAN SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN (Kajian Hadist Puasa Ramadhan Shahi JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LHOKSEUMAWE BULAN RAMADHAN SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN BAGI UMAT ISLAM Kajian Hadist Puasa Ramadhan Shahih Bukhari no 1091)
XMLBulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Salah satu ibadah yang
diperintahkan di dalamnya adalah berpuasa. Banyak manusia yang melaksanakan
puasa Ramadhan, namun hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Mereka tidak
mengerti amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan selama melaksanakan ibadah
puasa. Bahkan, dalam keadaan pun mereka melakukan hal-hal yang sia-sia belaka,
tanpa ada rasa takut sedikit pun akan kehilangan pahala puasanya. Mereka telah
dilalaikan dengan berbagai teknologi dan fasilitas modern, sehingga mereka
melupakan hakikat sebenarnya berpuasa bulan Ramadhan ini yaitu sebagai sarana
pendidikan. Ramadhan yang dianggap sebagai bulan berlomba-lomba untuk
bermaksiat, namun ada pula yang berlomba-lomba dalam hal kemaksiatan. Maka
dari itu peneliti menarik sebuah judul penelitian yaitu “Bulan Ramadhan Sebagai
Sarana Pendidikan Bagi Umat Islam (Kajian Hadist Puasa Ramadhan Shahih
Bukhari no 1091)”. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian yaitu bagaimanakah
yang dimaksud dengan bulan Ramadhan sebagai sarana pendidikan bagi umat Islam
dan nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam Bulan Ramadhan
berdasarkan kandungan hadist berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan demikian,
penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan maksud bulan Ramadhan sebagai sarana
pendidikan dan nilai-nilai pendidikan pada bulan Ramadhan. Skripsi ini
dikategorikan dalam penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan library
research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan memiliki
terlebih dulu buku dan kitab yang di dalamnya terdapat materi tentang puasa
Ramadhan, kemudian membaca dan memahaminya dengan cara melihat terjemahan
dan kajian-kajiannya. Kemudian peneliti menganalisis dan menguraikan beberapa
nilai pendidikan dari pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, kemudian peneliti
menyimpulkan data tersebut menjadi sebuah tulisan, sehingga dapat diketahui dan
dipahami dengan mudah oleh setiap pembaca akan butir-butir pendidikan selama
melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Sedangkan dalam teknik analisis data
peneliti menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian
adalah Bulan ramadhan sangat pantas dijadikan sebagai sarana pendidikan, karena
setelah menjalankan puasa dan ibadah di bulan Ramadhan, banyak hal yang
membuat seseorang terlatih dan terdidik untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Adakalanya selama beraktifitas di bulan Ramadhan itu sendiri ataupun di luar bulan
Ramadhan sebagai buah atas keberhasilan pendidikannya di bulan Ramadhan.
Adapun nilai-nilai yang terkandung di bulan Ramadhan adalah bulan Ramadhan bisa
dijadikan sebagai sarana untuk melatih kejujuran, melatih kesabaran, melatih
kedisiplinan, melatih kepekaan dan kepedulian sosial, menahan hawa nafsu, dan
mengatur pola hidup sehat.
Detail Information
Penulis |
Mutia Sari - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107461 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|