Skripsi
ANALISIS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENGAMALAN SYARIAT ISLAM SISWA DI MTSN 4 ACEH UTARA
XMLBidang studi Akidah Akhlak adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar
memahami ajaran Islam (knowing) terutama dalam aspek akidah (tauhid) dan
melakukan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari (being) sehingga
mencerminkan ajaran agama Islam yang rahmatan lil alamin. Namun realitasnya
masih ada siswa yang masih kurang berakhlak. Untuk menjawab permasalahan
tersebut penulis membuat rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pembelajaran
akidah akhak di MTsN 4 Aceh Utara?. (2) bagaimana pengamalan syariat Islam di
MTsN 4 Aceh Utara?. (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran akidah akhlak terhadap pengamalan syariat Islam bagi siswa di
MTsN 4 Aceh Utara?. Adapun tujuannya adalah: (1) untuk mengetahui
pembelajaran akidah akhak di MTsN 4 Aceh Utara. (2) untuk mengetahui
pengamalan syariat Islam siswa di MTsN 4 Aceh Utara. (3) untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak terhadap
pengamalan syariat Islam bagi siswa di MTsN 4 Aceh Utara. Penelitian ini
bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
dilaksanakan di MTsN 4 Aceh Utara. Teknik pengumpulan data melalui tela’ah
buku, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data untuk merumuskan konsep
temuan dari fenomena penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) pembelajaran akidah akhak di MTsN 4 Aceh Utara, yaitu menanamkan nilainilai akhlakul karimah dan menanamkan nilai-nlai ketauhidan kepada siswa.
Pembelajarannya menggunakan metode ceramah, diskusi, simulasi, uswatun
hasanah atau keteladanan, studi kasus, penugasan, demontrasi dan metode karya
wisata. Setiap penyampaian materi pembelajaran akidah akhlak, guru mengaitkan
dengan pengamalan syari’at Islam, sumber pembelajarannya yaitu buku akidah
akhlak pendekatan saintifik yang diterbitkan oleh Depag RI tahun 2013, buku
akhidah akhlak yang diterbitkan oleh Depag RI tahun 2014, buku Akhidah Akhlak
karangan Nurlaila, Entang Suherman, dan Drs. H. Hasan, Af. Namun ada juga
yang menggunakan kitab-kitab klasik, seperti Taisir Akhlak, Kitab Ta’lim
Muta’allim (2) materi bidang studi akidah akhlak sangat pengaruh terhadap
pengamalan syari’at Islam bagi siswa, siswa sopan dalam bersikap dan santun
dalam berbicara, selain itu siswa berbusana sesuai dengan syari’at Islam, serta taat
dalam beribadah, dan (3) faktor pendukung terhadap pembelajaran akidah akhlak
dalam pengamalan syari’at Islam, yaitu (a) guru yang berkualitas dalam mengajar,
(b) dukungan siswa terhadap pengamalan syariat Islam dan (c) dukungan kepala
madrasah yang selalu mengevaluasi terhadap siswa, sedangkan faktor penghambat
yaitu (a) kurangnya sarana dan prasarana sekolah, (b) media pembelajaran yang
kurang memadai, (c) kurangnya dukungan orang tua siswa. Upaya yang dilakukan
yaitu, memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar dan penghargaan bagi
siswa yang berprestasi, melakukan kerja sama dengan orangtua siswa untuk
mengontrol anaknya, memanfaatkan media pembelajaran dan fasilitas yang ada
secara maksimal.
Detail Information
Penulis |
MUHAMMAD RIZKI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108169 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|