Skripsi
METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZH QUR’AN DI PESANTEREN NURUL ABRAR GAMPONG MEUNASAH MEE
XMLSetiap lembanga pendidikan tahfidz Al-Qur’an dituntut untuk dapat membina
satrinya dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang pembinaan hafalan AlQur’an dan mengamalkannya. Dalam hal mengamalkan hafalan khususnya santri
tahfidz di Pesantren Nurul Abrar masih banyak santri yang menghafal Al-Qur’an,
tetapi tidak paham terhadap apa yang telah dihafalnya, banyak para santri yang
sudah menghafal Al-Qur’an namun malas dalam mengulang atau melancarkan
hafalannya, dan masih juga para santri yang mempunyai kemampuan cepat
mengingat di dalam menghafal, tetapi malas menghafal hafalan baru .berdasarkan
kenyataan tersebut, judul penelitian dalam penelitian ini adalah Metode
Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar Gampong Menasah Mee,
dengan pertanyaan penelitian adalah Bagaimana sistem pembeljaran tahfidz
Qur’an di Pesantren Nurul Abrar ?, Bagaimanakah metode pembelajaran tahfidz
Qur’an di Pesantren Nurul Abrar ? dan apa saja kendala guru dalam melaksanakan
metode pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar Gampong
Meunasah Mee ?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menelusuri sistem
pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar gampong meunasah Mee,
unruk menemukan metode pembelaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar
dan untuk menjelaskan kendala guru dalam melaksanakan metode pembelajaran
Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar Gampong meunasah mee, untuk
menemukan metode pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar dan
untuk menjelaskan kendala guru dalam melaksanakan metode pembelajaran
Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar Gampong meunasah Mee. Adapun
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus, yaitu penyelidikan mendalam terhadap suatu unit
sosial. Subjek penelitian ini adalah guru tahfidz dan santri Pesantren Nurul Abrar.
Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil
penelitian bahwa sistem pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar
yaitu pembinaan dan memperlihatkan langsung contoh-contoh kepribadian yang
baik, seperti mengarahkan para santri untuk mengambil wudhu terlebih dahulu
sebelum memengang mushaf Al-Qur’an, dan ketika hendak membaca Al-Qur’an
terlebih dahulu membaca Ta’awuz dan basmallah, serta guru tahfidz jg
mengarahkan para santri agar disiplin waktu, di setiap proses belajar/mengajar
menghafal Al-Qur’an, serta selalu berkata jujur dan juga mempunyai rasa
tanggung jawab di dalam menghafal Al-Qur’an. metode pembelajaran yang
digunakan di Pesantren Nurul Abrar yaitu dengan menggunakan wetonan,
sorongan, halaqah, dakwah atau ceramah, pemberian tugas dan resitasi atau
hafalan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru tahfidz dalam melaksanakan
metode pemlajaran tahfidz Qur’an di Pesantren Nurul Abrar Gampong Meunasah
Mee, jika para santri di dalam menghafal Al-Qur’an sering mengganti mushaf,
maka santri tersebut akan sulit masuk hafalannya apalagi untuk memahami isi
kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dihafalnya, waktu untuk
membimbing santri sangatlah singkat, yaitu hanya sekitar dua jam saja.
Detail Information
Penulis |
YUSNIAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 1321074511 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|