UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN HEWAN CIPTAAN ALLAH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) DI TK RAUDHATUL JANNAH KECAMATAN BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN HEWAN CIPTAAN ALLAH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) DI TK RAUDHATUL JANNAH KECAMATAN BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Pengenalan hewan ciptaan Allah di TK Raudhatul Jannah masih belum
berkembang, anak masih belum mengenal hewan ciptaan Allah, anak masih
kesulitan dalam mengenal hewan ciptaan Allah. Hal ini disebabkan oleh
pemilihan metode yang dipilih dan digunakan oleh guru dalam
pembelajarankurang menarik sehingga perhatian anak dalam proses pembelajaran. Berdasarkan masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
Bagaimana Upaya Peningkatan Hasil Belajar Anak TK Raudhatul Jannah materi
Pengenalan Hewan Ciptaan Allah dengan menggunakan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning ( CTL ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruhmelalui pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan anak
dalam mengenal hewan ciptaan Allah di TK Raudhatul Jannah Kota
Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2018.Berdasarkan hal tersebut, maka jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)yang bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan mengenal hewan ciptaan
Allah pada anak usia 5-6 tahun. Pengambilan data dilakukan denganpengamatan
dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
penggunaanpendekatan CTL sangat efektif digunakanpada peningkatan
kemampuan mengenal hewan ciptaan Allah pada anak usia 5-6 tahun di TK
Raudhatul Jannah,hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan
keaktifanpeserta didik terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin
tahu,mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas,
kemauanbertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu melalui hasil test
siswaantaraprasiklus, siklus I dan II.Hasiltest prasiklus menunjukkan nilai yang
diperoleh oleh 4 anak hanya 26,67 %, (berkembang sesuai harapan) dari 15
jumlah anak, kemudian peneliti melakukan penelitian, yaitu: siklus I,diperoleh
nilai oleh 6anakatau40 %, akantetapisetelahsiklus II, hasil test
anakmengalamipeningkatan,anak yang tuntasmencapai 13anakatau86,66 %.Jadi
secara keseluruhan peningkatan kemampuan mengenal hewan ciptaan Allah
mengalami peningkatan 46,66% dan peningkatantersebut terjadisecara bertahap
dari kategori BelumBerkembang dan akhirnya menjadi Berkembang Sesuai
Harapan.


Detail Information

Penulis
ROSMAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108594
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail